HAM Idola Korea yang Dirampas oleh Agensi Hak idola Korea yang ditangguhkan (Sumber: Weheartit)

HAK asasi manusia sudah dimiliki sejak manusia lahir ke dunia. Hak tersebut harus dihormati, dihargai dan dijunjung tinggi. HAM dimiliki oleh setiap orang tanpa melihat ras, suku, atau statusnya. Namun akan terasa berbeda jika statusmu adalah seorang idola Korea.

Detik ketika kamu memutuskan untuk menjadi idola di negeri ginseng, kamu seolah membuat kesepakatan dengan agensimu untuk 'menanggalkan' semua hak yang kamu miliki sebagai individu. Seorang YouTuber dan idola Korea, Grazy Grace menguak hak apa saja yang dirampas oleh agensi darinya. Berikut peraturan dan larangan yang biasa diterapkan oleh agensi untuk idolanya:

Baca Juga:

Terkenal di Masa Lalu, Mantan Idola Korea Ini Rela Banting Setir Jadi Kurir

1. Tidak Boleh Pacaran

Artis pacaran
Dilarang pacaran (Sumber: Kpopmap)

Aturan yang diterapkan oleh idola perempuan jauh lebih ketat dibandingkan idola pria. Salah satunya adalah larangan untuk pacaran. Hal itu dilakukan untuk melindungi citra polos dan murni mereka. Disamping itu, agensi meyakini bahwa idola yang sedang jatuh cinta akan meninggalkan karir keartisannya demi hubungan asmara. Meski demikian, di Korea ada aturan unik bernama "three-year rules". Jika idola sudah debut selama tiga tahun dan tidak pernah menimbulkan masalah bagi agensinya, perusahaan akan mengizinkan mereka untuk berkencan.

2. Inspeksi Mendadak Ponsel

Suga BTS
Suga BTS dan Kang Daniel bermain ponsel (Sumber: Koreaboo)

Tim manajemen bisa mengecek ponsel idolanya kapan saja. Untuk itu, para idola perlu berhati-hati dengan percakapan atau foto-foto yang tersimpan di ponsel mereka. Jika seorang idola kedapatan memiliki percakapan dengan lawan jenis, mereka akan ditanyai mengapa mereka berbicara pada mereka. Itu bisa saja terjadi bahkan dengan saudara sendiri.

Mereka juga mengatur sosial media idolanya. Mulai dari foto yang harus diunggah hingga caption yang akan ditulis tak luput dari kontrol manajer. Mereka harus memastikan bahwa unggahannya itu baik-baik saja. Itu dilakukan untuk melindungi citra dari sang artis.

3. Konsumsi Junkfood Tidak Diizinkan

Transformasi Uee
Transformasi tubuh artis Korea (Sumber: Kpopmap)

Junkfood memanglah makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Namun bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Sesekali kamu bisa makan junkfood saat cheat-time. Hal itu tidak berlaku untuk idola Korea. Jika bobot seorang idola bertambah beberapa kilogram, manajer akan langsung memburu sang artis dan meminta mereka mengurangi berat badannya lewat diet.

Baca Juga:

Digilai Fan K-Pop, Perempuan Idola ini Punya Suara Unik

4. Manajer jadi Satpam

IU dan manajernya
Harus selalu kontak dengan manajernya (Sumber: Allkpop)

Jam berapapun dan dimanapun, manajer akan menelepon untuk memeriksa artis binaannya. Jika mereka tak menjawab teleponnya dengan alasan apapun, mereka akan memarahi artisnya tersebut.

5. Dilarang Nongkrong

Kyuhyun dan changmin
Seorang artis tidak boleh terlalu sering nongkrong (Sumber: Twitter/@GaemGyu)

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu bersosialisasi dengan temannya. Bentuk sosialisasi pun beragam. Ada yang nonton di bioskop dengan temannya, berbelanja, atau sekedar nongkrong di kafe. Namun hak bersosialisasi para idola dibatasi. Seorang idola tidak diizinkan keluar dan melakukan apapun yang mereka inginkan. Usai latihan, mereka harus langsung pulang dan tidur. Sebagian artis bahkan memiliki asrama yang satu lokasi dengan kantornya. Hal itu membuat mereka cepat stres. (avia)

Baca juga:

Miris! Cara Penggemar Fanatik Bertahan Hidup Usai Kematian Idola Kpop

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia