Halau Rasa Panik saat Menunggu Wawancara Hilangkan rasa panik agar wawancara sukses. (foto: business mirror)

MENJELANG tahun yang baru, mungkin banyak di antara kamu berencana berganti pekerjaan. Salah satu tahapan yang akan kamu lewati ialah wawancara. Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuanmu.

Setelah mengirim CV, tahap wawancara kerap membuat gugup dan bahkan membuatmu putus asa untuk diterima kerja. Terlebih ketika kamu sudah berada di depan ruang wawancara dan melihat calon karyawan lain selesai diwawancara.

BACA JUGA: Berdamai dengan Resolusi Tahun Baru yang Gagal

Nah, agar wawancara sukses dan bebas dari rasa panik, cobain deh lima cara yang Merahputih.com rangkum buat kamu.


1. Ajak bicara kandidat lain

wawancara kerja
Bisa membuat lebih rileks dan menambah relasi. (foto: pixabay/089photoshootings)


Tahap pertama yang bisa kamu lakukan adalah coba ajak bicara calon kandidat yang akan diwawancara sama sepertimu. Memang sih kesannya sok kenal, tapi cara ini bisa membuatmu lebih rileks dan menambah relasi. Kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan dasar, seperti siapa namanya, asalnya darimana, melamar sebagai apa, naik apa ke sini, pernah bekerja sebagai apa, dan lain sebagainya.

Hal itu bisa membuatnya lebih percaya diri nantinya ketika bertemu dengan pihak terkait saat wawancara. Siapatahu jika kamu tidak diterima saat wawancara nanti, temanmu tadi bisa menawarkan pekerjaan yang lebih menjanjikan, bukan?

2. Membaca

wawancara kerja
Membaca mengalihkan fokusmu. (foto: pixabay/free-photos)


Jika kamu malu untuk mengajak bicara calon kandidat lain, aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah membaca. Lihat sekelilingmu, apakah ada koran, majalah, atau bahan bacaan lainnya. Atau, kamu juga bisa membaca menggunakan gawaimu, seperti membaca berita di media sosial dan membaca komik.

Tujuannya ialah agar kamu tidak terbebani dengan waktu yang semakin dekat menuju wawancara. Selain itu, kamu juga bisa menambah informasi dan mengetahui berita apa yang terjadi saat itu.

3. Mendengarkan musik

wawancara kerja
Mengurangi rasa tegang. (foto: pixabay/firmbee)


Alangkah baiknya jika kamu membawa headset ketika pergi ke tempat wawancara. Sudah menjadi hal umum bahwa mendengarkan musik membuat seseorang menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa tegang sebelum mendapat giliran wawancara. Dengarkan musik kesayanganmu. Tapi ingat, jangan pasang volume terlalu keras ya!

4. Cari tahu lebih dalam perusahaan tempat kamu melamar

wawancara kerja
Berguna sebagai bahan pengetahuan saat wawancara. (foto: pixabay/photomix-company)


Cara ini berguna saat kamu ditanya mengenai perusahaan pada sesi wawancara nanti. Tak jarang, pertanyaan-pertanyaan seputar tempat kamu lamar akan ditanya, lho! Lakukanlah riset untuk mengetahui lebih dalam tempat kamu melamar pekerjaan.

Setidaknya, kamu tahu harus menjawab apa saat ditanya pertanyaan tersebut. Dengan begitu, pewawancara akan melihat bahwa kita serius dalam mencari pekerjaan dan menjadi nilai plus bagimu.

5. Sapa karyawan lain

wawancara kerja
Tunjukkan diri sebagai orang yang ramah. (foto: pixabay/terovesailanen)


Coba tegur dan sapa karyawan yang ada di tempatmu melamar pekerjaan, baik sebelum maupun sesudah wawancara. Walaupun tidak diterima nantinya, setidaknya kamu sudah memberikan kesan positif terhadap para karyawan di sana. Jika kamu diterima, tidak ada salahnya untuk akrab dengan mereka, bukan? (And)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH