Halau Darah Tinggi dengan Langkah Mudah Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 16 Juni 2018
Halau Darah Tinggi dengan Langkah Mudah Ini
Awasi tekanan darah agar tidak melonjak. (foto: pixabay/rawpixel)

DARAH tinggi atau hipertensi makin banyak mengintai kaum urban. Bahkan, kondisi ini menjadi salah satu silent killer dan menempati posisi teratas penyakit yang banyak diderita masyarakat Tanah Air.

Tekanan darah yang tinggi amat berbahaya buat kesehatan kamu. Pasalnya, hal itu dapat memicu penyakir lain, seperti jantung, stroke, sampai gagal ginjal. Pola makan dan gaya hidup memainkan peran penting dalam terjadinya darah tinggi. Nah, mumpung masih mudah, jaga kesehatan deh. Ikuti beberapa langkah sederhana yang dilansir iStyle berikut untuk menghalau tekanan darah tinggi.


1. Tertawa

Tertawa melebarkan pembuluh darah. (foto: pixabay)

Tertawa ternyata menyehatkan. Saat tertawa, pembuluh darah akan melebar dan aliran pada pembuluh darah semakin lancar. Paling tidak, dalam sehari, kamu bisa tertawa 15 menit. Carilah cara untuk bisa tertawa dengan menonton film ataupun bercanda dengan sahabat.


2. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik menghilangkan kecemasan. (foto: pixabay)

Selain tertawa, aktivitas menyenangkan lainnya untuk mencegah tekanan darah tinggi ialah mendengarkan musik. Musik dengan beat yang stabil terbukti dapat menghilangkan kecemasan dan menghindarkan penyempitan pembuluh darah.


3. Berhenti merokok

Nikotin menyempitkan pembuluh darah. (foto: pixabay)

Aktivitas merokok ternyata bisa menyebabkan lonjakan secara langsung dalam tekanan darah. Kandungan nikotin dalam tembakau bisa memacu sistem saraf melepaskan zat kimia yang berpotensi menyebabkan penyempitan pembuluh darah.


4. Cukup tidur

Cukup tidur penting buat tekanan darah. (foto: pixabay)

Kurangnya jam tidur di malam hari menyebabkan besarnya potensi mengalami darah tinggi. Hal itu disebabkan sistem saraf berada pada keadaan yang hiperaktif saat kamu kurang tidur sehingga tekanan darah pun jadi meningkat.


5. Rajin mengukur tensi di rumah

Selalu cek tensi sendiri. (foto: pixabay)

Walaupun masih muda, kamu harus mulai mewaspadai tekanan darah tinggi. Itu sangat penting supaya kamu selalu update dengan kondisi tubuh. Rutinitas mengukur tekanan darah bisa dilakukan di rumah dengan alat pengukur tekanan darah portabel yang banyak dijual di pasaran.

Mudah kan? Mulailah mewaspadai tekanan darah tinggi sejak masih muda agar tubuh sehat selalu.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan