Melancong di Musim Liburan, Perhatikan Hal Ini Liburan anti stres (Sumber: The Active Times)

LIBURAN panjang hampir tiba! Jelang musim liburan, sebagian besar orang mulai merencanakan agenda traveling. Apabila kamu salah satu dari mereka perlu diingat, kamu bukanlah satu-satunya orang yang akan berlibur. Ada ratusan atau bahkan ribuan orang memiliki rencana serupa denganmu.

Destinasi yang hendak kamu kunjungi berpotensi dipadati orang. Tak hanya destinasinya saja, bandara pun akan dipadati oleh wisatawan. Hal tersebut tentu membuatmu tak bisa menikmati liburan dengan semestinya. Supaya kamu tetap bisa enjoy, berikut delapan hal yang tak boleh dilakukan jika berencana melancong di musim liburan.

1. Jangan Jalan di Waktu Yang Sama Seperti Biasanya

jalan jalan di musim liburan
Jalan-jalan di musim liburan (Sumber: Travel and Leisure)

Tiba di bandara 90 menit sebelum penerbangan mungkin baik-baik saja jika perjalananmu di hari weekdays. Tetapi jangan melakukan hal yang sama jika kamu pergi di akhir pekan atau di musim liburan. Ketika musim liburan, kamu mungkin akan berhadapan dengan berbagai masalah seperti kemacetan lalu lintas, tempat parkir yang penuh hingga jalur keamanan yang penuh dan antre.

Pertimbangkan untuk menambahkan waktu setidaknya 30 hingga 60 menit dari waktu biasanya. Supaya kamu juga lebih tenang, lakukan check-in pesawat secara online, hindari membawa kendaraan pribadi, dan gunakan tas yang bisa di bawa agar menghindari antrean bagasi.

2. Jangan Makan dan Minum Berlebih Sebelum Perjalanan

hindari minum berlebihan
Hindari minum berlebihan (Sumber: Pixabay)

Liburan identik dengan makan, minum dan bersenang-senang. Namun, lebih baik jika kamu tidak melakukannya beberapa jam sebelum penerbangan. Mabuk di penerbangan akan membuatmu merasa tersiksa.

Demikian pula jika kamu makan berlebihan sebelum melakukan perjalanan. Kamu akan merasa mual dan bisa memuntahkan semua makanan yang sudah kamu makan. Hal tersebut tentu membuat penumpang lain terganggu.

3. Jangan Membawa Bingkisan Jika Pergi dengan Pesawat

bawa kado ke bandara
Jangan bawa kado ke bandara (Sumber: Fun 365)

Kamu ingin memberi surprise pada sanak keluarga lewat hadiah yang dibungkus dengan rapi? Pertimbangkan kembali keinginanmu jika kamu berencana untuk pergi menggunakan pesawat.

Sebelum naik pesawat, kamu harus melewati airport security gate. Bingkisan yang kamu bawa pun harus melewati X-Ray. Jika petugas keamanan melihat ada bentuk yang mencurigakan dari bingkisanmu, mereka akan menahan kadomu dan menginterogasimu. Bukan hanya kehilangan bingkisan kamu pun terancam tak bisa terbang.

4. Jangan Memilih Waktu Yang Sama Seperti Orang Kebanyakan

macet di musim liburan
Terjebak macet di musim liburan (Sumber: Health Essential)

Berencana untuk pulang pada tanggal 2 Januari? Demikian pula seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan tahun baru di luar kota. Kamu hanya akan menemukan lalu lintas yang padat merayap jika memilih waktu keberangkatan yang sama dengan orang kebanyakan. Alih-alih memiliki liburan yang indah dan menyenangkan, kamu justru mendapatkan liburan terburuk.

Untuk menghindari mimpi buruk tersebut, perpendeklah liburanmu. Pulanglah lebih awal daripada orang-orang. Kamu pun bisa menikmati jalanan yang masih lengang.

5. Jangan Berharap Liburanmu Bebas Stres

Liburan tidak stres
Liburan bebas stres (Sumber: Forbes)

Jika kamu sudah mempersiapkan kemungkinan terburuk yang bisa kamu dapatkan di perjalananmu, kamu tidak akan terlalu frustasi jika itu terkejut. Sebaliknya, kamu seperti terkejut dan seolah mendapat 'jackpot' jika yang terjadi justru sebaliknya.

Bekali diriu dengan kesabaran sebanyak-banyaknya seluas-luasnya. Berlatihlah meditasi sederhana atau bawalah sebungkus cemilan favoritmu.(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH