Hal yang membedakan Tato Permanen dan Semi Permanen Tato (Foto: Pixabay/Free-Photos)

BANYAK alasan seseorang saat ingin membuat tato. Ada yang membuat tato karena mengenang sesuatu atau memang sekadar ingin terlihat keren. Namun, terlepas dari itu semua tato merupakan seni bagi mereka yang ingin mengekspresikan jati dirinya.

Namun, hingga kini banyak yang beranggapan kalau membuat tato pasti permanen. Alhasil, rata-rata alasan orang tidak ingin membuatnya karena tidak bisa hilang sama sekali seumur hidup.

Padahal tato semi permanen dapat menjadi solusi. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba tato semi permanen mungkin bisa membacanya beberapa fakta menarik ini.

1. Menggunakan tinta herbal

Menggunakan tinta khusus (Foto: Pixabay/Aamiraimer)
Menggunakan tinta khusus (Foto: Pixabay/Aamiraimer)

Berbeda dengan tato permanen, tato semi permanen menggunakan tinta herbal yang mampu dipecah oleh sistem kekebalan tubuh. Molekul pewarna tato semi permanen ringan sehingga lama-lama akan hilang seiring berjalannya waktu.

Sementara tato permanen memiliki molekul pewarna yang besar sehingga tidak bisa dipecah. Biasanya tato permanen hanya akan memudar tapi tidak akan hilang sedangkan tato semi permanen bisa hilang sampai tak terlihat lagi.

2. Pena khusus

Menggunakan tinta herbal (Foto: Pixabay/Ilovetattoos)
Menggunakan tinta herbal (Foto: Pixabay/Ilovetattoos)

Tato permanen menggunakan alat konvensional berupa jarum demograph. Nantinya jarum tersebut akan ditusuk ke permukaan kulit hingga merobek epidermis. Berbeda halnya dengan tato semi permanen, ia menggunakan pena khusus yang hanya akan menembus permukaan kulit hingga di atas dermis.

Tato permanen umumnya akan menembus dermis karena menggunakan jarum panjang. Hal itu membuat tinta yang diinjeksikan di area tersebut akan terus bertahan. Pena khusus untuk tato semi
permanen sudah dikondisikan agar hanya sampai di permukaan dermis.

3. Waktu

Bertahan hingga 2-3 tahun (Foto: Pixabay/The Digital Way)
Bertahan hingga 2-3 tahun (Foto: Pixabay/The Digital Way)

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau tato permanen tidak akan hilang selamanya. Inilah perbedaan yang paling menonjol dari tato semi permanen. Rata-rata tato jenis ini hanya bertahan
hingga kurun waktu sekitar 2-3 tahun saja.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang tato semi permanen. Kini model-model tato kebanyakan berbentuk simple dan lucu, ada juga yang hanya sekadar tulisan singkat. Berbeda halnya dengan model zaman dulu yang serba berani dan terkesan menyeramkan. Tertarik untuk mencoba?. (mar)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH