Hal yang Harus Kalian Siapkan di Ponsel Saat Traveling Gunung Bromo (Instagram/jenny_jennisabella)

DI zaman teknologi canggih seperti sekarang, smartphone memang selalu menemani kehidupan setiap orang, apalagi buat kalian yang doyan jalan-jalan. Tanpa smartphone seakan kita menjadi 'manusia purba' yang enggak bisa apa-apa. Iya kan?

Nah, ngomong-ngomong soal jalan-jalan atau yang bahasa ngetrendnya traveling ada hal yang perlu dipersiapkan di smartphone kalian. Ya itung-itung antisipasi hal yang enggak diinginkan. Apa aja sih persiapannya?

Buat GPS kalian ke mode offline

Kita enggak bakal tahu daerah yang akan didatangi punya sinyal kuat apa enggak. Oke, kalau kalian sudah paham daerah-daerah yang mau dijelajahi, tapi bagaimana jika kalian baru pertama kali? tentu GPS menjadi salah satu andalannya.

Guat GPS kalian ke mode offline
Guat GPS kalian ke mode offline

Guna mengantisipasi sinyal yang enggak bersahabat saat traveling, kalian bisa mensiasatinya dengan mengubah mode GPS menjadi offline. Tapi ingat sebelum itu kalian sudah tentukan dulu arah atau rute penjalanan sebelum berangkat.

Di Android, kalian bisa menyimpan peta atau rute ketika masih memiliki sinyal yang kuat dan mengubahnya menjadi offline. Dengan begitu saat kalian tak tahu arah tujuan dan sinyal kurang bersahabat kalian masih tetap bisa menggunakan GPS.

Cek pengaturan kalender dan jam ponsel

Hampir semua smartphone yang beredar di pasaran akan beradaptasi dengan waktu setempat secara otomatis, kemanapun kalian pergi, meskipun jam alarm tak selalu mengikutinya.

ubah penggunaan data Anda
ubah pengaturan waktu kalian ke mode otomatis

Namun berubahnya jam dan kalender sesuai waktu setempan hanya bisa jika kalian menggunakan mode otomatis. Kalau tidak, tentunya hal tersebut tak akan berpengaruh. Tak mengapa jika kalian traveling ke daerah dengan waktu yang sama, namun bagaimana ketika jalan-jalan ke daerah berbeda waktu?

Tinjau pengaturan penggunaan data ponsel

Nah, ini kalau kalian mau jalan-jalan ke luar negeri. mungkin tak masalah jika daerah yang mau dikunjungi itu free Wi-Fi, namun bagaimana kalau kalian berada di tempat wisata yang tak ada Wi-Fi? Sedangkan kalian sangat membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi.

Kalau tak memperhatian hal kecil seperti ini, dijamin kalian akan kaget setelah pulang ke tanah air. Pulsa yang kalian pakai akan tersedot karena penggunaan data.

ubah penggunaan data Anda
ubah penggunaan data Anda

Kalian bisa mengkonfirmasi terlebih dahulu ke operator tentang perjalanan nanti, bisa juga bertanya tentang sistem penggunaan data ke operator.

Jika ingin terus menggunakan data tetapi tetap menggunakan data kalian bisa mensiasatinya dengan mengarahkannya ke aplikasi yang paling sering digunakan. Sehingga kalian bisa menghemat kuota di ponsel.

Sahabat Merah Putih, itulah tips dari merahpitih.com untuk ponsel kalian saat melakukan perjalanan. Dengan mengikuti cara di atas kalian bisa liburan dengan tenang.

Bicara soal jalan-jalan, apakah kalian sudah tahu goa yang ada di pinggir Jakarta? kalau belum kalian bisa baca Gua Garunggang, Surga Tersembunyi dari Pinggir Jakarta


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH