Hal yang Harus Dilakukan Usai Memakai Kacamata Seharian IAda hal-hal yang harus kamu perhatikan setelah memakai kacamata seharian. (Foto: Pixabay/free-photos

BANYAK orang yang menggunakaan kacamata seharian atau disaat-saat terntentu saja. Orang yang membutuhkan kacamata demi menunjang kemampuan penglihatan mereka. Seperti untuk melihat jauh atau membaca teks.

Sayangnya banyak mitos-mitos diluar sana yang beredar mengganggu kenyamanan memakai kacamata.

Namun jangan kamu telan mentah-mentah tentang mitos diluar sana. Nah mengenai hal itu ada beberapa penjelasan ilmiah dan masuk akal tentang yang harus dilakukan usai memakai kacamata seharian.

Laman Go Dok mengungkap hal-hal yang harus dilakukan oleh kamu usai memakai kacamata seharian.

Rutin Bersihkan Lensa Kacamata

Bersihkanlah kacamata sebelum tidur. (Foto: Pixabay/stocksnap)

Lakukanlah sesaat sebelum kamu tidur. Karena biasanya usai digunakan seharian, kacamata kamu bisa saja kotor atau ada penumpukan debu. Pahamilah bahwa bakteri penyebab penyakit terdapat juga di lensa kacamata. Selain itu lensa kacamata yang tak pernah dibersihkan juga bisa menjadi buram karena debu yang menempel lama. Nah jika itu telah terjadi tentunya kamu harus mengganti lensanya dengan yang baru.

Lepaskan Kacamata

Lepaskan kacamata kalau tidur. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Lepaskanlah kacamata sebelum tidur. Penting karena bisa menghindari rasa pegal-pegal di telinga atau rasa sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari. Lagipula kamu juga tak membutuhkan kacamata ketika tertidur lelap. Memang mimpi enggak kelihatan tanpa kacamata?

Cahaya Redup

Cahaya yang terang membantu melihat dengan baik. (Foto: Pixabay/pourquoipas)

Hindarilah membaca dalam cahaya gelap atau redup. Selalu membaca dalam kondisi cahaya terang yang baik. Selain itu hindari juga membaca sambil tiduran saat menggunakan kacamata.

Jaga Jarak Menonton Televisi

Hindari menonton televisi dalam jarak dekat. (Foto: Pixabay/mojzagrebinfo)

Kendati kamu telah seharian menggunakan kacamata, mungkin beberapa dari kamu masih membutuhkannya ketika menonton televisi. Untuk itu, hindarilah menonton terlalu dekat dengan layar televisi.

Jangan Menggosok Mata dengan Tangan

Tangan bisa jadi penuh bakteri, kuman dan virus yang akan mengganggu kesehatan mata. (Foto: Pixabay/stocksnap)

Harus kamu sadari kalau tangan adalah rumah dari segala jenis virus atau bakteri. Sumber penyakit itu bisa saja menempel di tangan dari berbagai kontak selama kamu beraktivitas. Karena itu, hindarilah menggosok mata usai melepas kacamata di malam hari. Ini dapat menghindari kamu terinfeksi virus atau bakteri yang berbahaya untuk kesehatan mata kamu. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Lembur Kerja Berlebihan Berisiko Bagi Kesehatan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH