hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Hal yang Akan Kamu Dapat Saat Ikut Pramuka Kamu Anggota Pramuka_ Pasti Punya Kelebihan Ini! (Sumber: Pixabay/Sasint)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

SETIAP sekolah biasanya memberikan beberapa kegiatan non akademik seperti ekstrakurikuler. Dari sekian banyaknya, salah satu yang paling populer adalah pramuka. Di beberapa sekolah bahkan pramuka merupakan kegiatan wajib untuk para murid.

Pramuka merupakan latihan bertahan hidup secara mandiri. Meski terdengar keras, tetapi pramuka merupakan kegiatan yang menyenangkan lho. Pramuka juga mampu untuk menyeimbangkan perkembangan otak anak.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang kamu miliki jika ikut pramuka.

1. Disiplin

Disiplin (Sumber: Pixabay/Obpia30)
Disiplin (Sumber: Pixabay/Obpia30)

Secara tidak langsung pramuka mengajarimu untuk menjadi disiplin. Para pelatih pramuka keras soal jadwal kegiatan, waktu, dan sanksi. Tanpa kamu sadari, kedisiplinan akan kamu bawa terus setiap hari. Hal ini tentu bisa terbawa hingga dewasa nanti.

2. Belajar bertahan hidup

Belajar bertahan hidup (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Belajar bertahan hidup (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Kegiatan pramuka bukan hanya mempelajari berbagai sandi atau ketertiban secara umum. Ada rangkaian kegiatan per semester sekolah seperti camping, uji nyali dan ujian kenaikan pangkat pramuka. Biasanya camping bisa dilakukan di kaki gunung atau tempat yang cukup jauh dari sekolah. Di sana kamu akan bertahan hidup dengan perlengkapan seadanya.

3. Kuat dan bugar

Kuat dan Bugar (Sumber: Pixabay/RyanMcGuire)
Kuat dan Bugar (Sumber: Pixabay/RyanMcGuire)

Sering menghadapi cuaca yang ekstrem di kaki gunung dan beraktivitas di malam hari meningkatkan imunitas. Tubuhmu akan beradaptasi dan semakin kuat sehingga mampu bertahan di segala medan. Pramuka juga memiliki aktivitas fisik seperti olahraga ringan sehingga selain menjadi semakin kuat kamu juga menjadi bugar.

4. Mengatasi rasa takut

Mengatasi rasa takut (Sumber: Pixabay/Ambermb)
Mengatasi rasa takut (Sumber: Pixabay/Ambermb)

Mengikuti kegiatan pramuka mau tidak mau kamu harus menyelesaikan rangkaian acara sampai akhir. Beberapa murid ada yang takut gelap atau tidak mau mandi di tempat umum. Melalui pramuka mereka mengatasi rasa takutnya dan mendapatkan pengalaman baru. (mar)


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5