Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Bersepeda Jangan cuma asal gowes (Foto: Pexels/Pixabay)

BERSEPEDA merupakan alat transportasi paling murah. Kamu enggak perlu beli bensin. Cukup modal sebotor air, kamu siap pergi ke mana-mana. Mau ke tempat kerja, ke rumah teman, hingga pergi ke mal.

Namun, bersepeda juga bisa berbahaya kalau kamu enggak tahu caranya. Ya, bersepeda bukan asal gowes. Kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal demi keselamatan bersepeda kamu. Menurut laman Smarter Travel, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum bersepeda.

Baca juga:

Hobi Bersepeda Bikin Awet Muda

1. Pakai helm

Jangan lupa pakai helm demi keselamatan (Foto: Pexels/Nishant Aneja)

Jangan sepelekan helm. Kamu tetap harus melindungi kepala kamu walau naik sepeda. Jangan gunakan sembarang helm. Gunakan helm yang memenuhi standar Komisi Keselamatan Produk Konsumen (CPSC). Yang sudah terjamin kualitasnya.

2. Tetap terlihat

Pasanga lampu di sepeda kamu maupun di helm (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Sepeda enggak mengeluarkan suara mesin. Jadi pengendara lain akan cukup sulit mengetahui keberadaan kamu saat di jalan raya. Solusinya, usahakan agar kamu tetap terlihat. Apalagi di malam hari. Caranya gampang. Pasang lampu di sepeda kamu maupun di helm.

Baca juga:

Old Skool Pro BMX Kevin Peraza, Sepatu Wajib Anak BMX Hadir di Indonesia!

Bahkan di helm sepeda kamu. Dengan begitu, pengemudi lain dapat melihat kamu dengan mudah. Jangan lupa, sepada kamu juga harus memiliki klakson. Agar kamu bisa memberikan tanda kepada pejalan kaki saat kamu mau melintas.

3. Beri tanda saat ingin belok

Beri tanda saat mau belok (Foto: Pexels/Alex Powell)

Ingat, sepeda bukan mobil. Kamu enggak punya lampu sen untuk memberi tanda ingin belok kepada pengemudi lain. Namun, kamu bisa memberikan tanda. Bisa dengan membelai tangan. Selain itu, kamu bisa menambahkan lampu di bagian belakang sepeda. Ada lampu yang berkedip ketika sepeda kamu rem perlahan, seakan seperti pengganti lampu sen.

4. Pengaman sepeda saat parkir

Pasangkan kunci sepeda saat diparkir (Foto: Pexels/Timea Kadar)

Menurut Markel Insurance, rata-rata 188.500 sepeda dilaporkan dicuri setiap tahunnya. Oleh karena itu, kamu harus memberikan pengamanan terhadap sepeda kamu saat diparkir. Kalau perlu, pasangankan dua kunci sepeda pada sepeda kesayangan kamu.

Bagaimana sahabat Merah Putih, sudah siap bersepeda? (ikh)

Baca juga:

Empat Jenis Olahraga Ini Ampuh Dapat Membakar Lemak Setelah Lebaran

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH