Hal-hal yang Membuat Jam Anda Mati Jam tangan rentan pada medan magnet. (Foto: StockSnap)

JAM tangan yang ada saat ini merupakan penyempurnaan dari produk-produk sejenis di masa lalu. Namun tetap saja ada yang melakukan kesalahan yang tidak perlu. Celakanya hal itu dianggap benar.

Ada berbagai hal yang dianggap keunggulan jam tersebut kemudian menjadi semena-mena memakainya. Bahkan ada mengganggap memiliki ketahanan tertentu kemudian dipakai pada tempat yang salah.

Apalagi mekanisme di dalamnya kecil dan sangat kecil. Salah penggunaan dapat membuat kerusakan di dalam mesinnya. Sedangkan kerusakan kecil saja dapat berdampak besar. Kebanyakan kesalahan dibuat oleh pemiliknya dan membuat jamnya mati.

Bila Anda memakai jam dengan penanggalan tidak setiap saat dapat disesuaikan. Ada aturannya! Menyesuaikan penanggalan dapat dilakukan sebelum jam 10 malam atau setelah jam 2 pagi. Namun dengan teknologi saat ini baik jam tangan otomatis maupun yang diputar manual sudah lebih baik penanganannya.

Menyimpan jam tangan di boksnya tanpa dipakai bukanlah langkah terbaik. Maksud para pemiliknya akalu jarang dipakai umur jam akan lebih lama. Padahal tidak juga. Menurut laman fashionbeans, ini akan berpengaruh terhadap minyak yang ada di mesin. Ada kemungkinan minyak di dalamnya akan mengering dan mempengaruhi perputaran mesin di dalamnya.

Musuh terbesar dari jam tangan adalah medan magnet. Memang ada beberapa jam tangan merk terkenal yang didesain untuk bersahabt dengan medan magnet. Sedangkan medan magnet yang sekarang ada semakin dekat dengan manusia, contohnya ponsel dan laptop.

Medan magnet sangat mempengaruhi kinerja dari per utama dan per rambut di dalam mesin jam tangan. Meskipun saat ini per utama dirancang antimedan magnet, namun kewaspadaan tetap harus tinggi. Beberapa peralatan elektronik masih memiliki medan magnet yang kuat.

Polish jam tangan yang baret karena gesekan benda keras, seperti menjadi keharusan bagi pemiliknya. Memang baik mempolishnya agar menjadi kinclong kembali. Namun terlalu sering dipolish akan membuat lapisan casing jam menjadi berubah. Alhasil bentuk jam akan berubah tanpa disadari.

Air sudah bukan masalah bagi jamtangan yang memberikan fitur antiair dan kedap air. Namun bukan berarti jam dapat direndam di air. Jam tangan dengan fitur tahan air misalnya 5 ATM tidak bisa dibawa masuk ke jacuzzi atau sauna. Panasnya suhu dapat membuat logam dan kristalnya memuai. Demikian juga dengan jam tangan kedap air harus kerap dikontrol putaran dan tombolnya, seiring dengan waktu lapisan kedapnya bisa melemah.

Hal yang paling sering dilupakan oleh pemilik jam tangan adalah melakukan servis. Ini berlaku pada jam tangan non baterai dengan mekanisme rumit. Kebutuhan servis jam tangan dapat dilakukan dua tahun sekali.

Memutar jam tangan pada jam lama tak boleh terlalu banyak, biasanya hanya diputar 2-3 kali saja. Meskipun tidak dilarang memutarnya sampai mentok. Jika sudah terasa seret ketika memutarnya, maka sudah saatnya diservis.

Bagi pemilik jam tangan kronograf harus memperhatikan fungsi tombolnya. Tombol di atas pemutar merupakan tombol stop/start, sedangkan di bawah pemutar adalah tombol reset. Jadi selalu pastikan memencet tombol stop terlebih dahulu sebelum meresetnya. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH