Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Sekolah di Luar Negeri Perlu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

SEKOLAH di luar negeri merupakan impian banyak orang. Kita harus berusaha keras untuk mewujudkannya agar tak hanya menjadi impian belaka. Berbagai hal harus dipersiapkan guna melanjutkan pendidikan di luar negeri. Salah satunya Letter of Acceptance. Apa itu Letter of Acceptance? Letter of Acceptance atau yang biasa disingkat LoA adalah surat yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi di luar negeri yang menyatakan bahwa seseorang calon mahasiswa layak untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Untuk mendapatkan LoA, ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan. Berikut berkas yang harus dipersiapkan menurut Pemburu LoA, Wirawan Agahari:


1. Ijazah dan transkrip


Ijazah dan transkrip nilai yang harus diberikan harus dalam Bahasa Inggris. Supaya mempermudah kampus tujuan dalam mempertimbangkan kelayakan kita sebagai calon peserta didik. "Segera minta kampus S1 kalian untuk translate ijazah dan transkrip karena dokumen yang dibutuhkan biasanya dalam bahasa Inggris," ujar Wirawan Agahari atau yang kerap disapa Aga saat ditemui di acara World Indonesia Scholarship (WISH) Forum 2018, Sabtu (11/8).

2. CV


CV yang diberikan kepada kampus tujuan memiliki format beragam. Aga membeberkan, terkadang kebutuhan setiap universitas beda-beda. "Siapkan CV yang jelas serta sesuaikan permintaan setiap kampus," jelas alumni TU Delft, Belanda tersebut. Ia merekomendasikan Beberapa template CV yang bisa dicoba untuk mendaftar perguruan tinggi di luar negeri yaitu Europass dan Nova Resume.

3. IELTS, TOEFL, GRE, GMAT


IELTS atau TOEFL iBT penting karena menjadi bukti bahwa kita memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup untuk menjalani studi di kampus tujuan. Untuk kampus di Amerika atau beberapa kampus tertentu biasanya ada syarat tambahan yaitu GRE atau GMAT. Cek syarat sebelum apply berkas.

sekolah
Carilah sekolah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. (Foto: Pexels/Pixabay)

4. Motivation letter


Di antara semua dokumen yang harus diberikan, motivation letter adalah salah satu dokumen terpenting. Melalui motivation letter, reviewer akan menilai sejauh mana kita layak untuk diterima di kampus incaran kita. Gunakan formula 5W+1H. Contoh mengapa cocok di kampus tersebut? Apa saja yang dipelajari saat S1? Apa mata kuliah S1 yang relevan dengan kampus tujuan? "Tuliskan secara detil namun terarah. Satu atau dua halaman cukup," jelasnya. Minta bantuan orang lain yang lebih kompeten atau berpengalaman untuk review sebelom submit data.

5. Recommendation Letter


Siapa yang bisa memberi surat rekomendasi? Intinya siapapun yang mengenal kalian dengan baik terutama selama kuliah S1 dulu. Recommendation Letter bisa diberikan oleh dosen yang pernah mengajar kita saat S1. Bagi yang sudah bekerja, bisa meminta atasan kita. Tanyakan dengan sopan tentang kesediaannya memberi rekomendasi. "Mereka tak punya waktu yang cukup untuk menuliskan sendiri surat rekomendasi buat kita. Siapkan draft sebelumnya," jelasnya. Cek juga prosedur setiap kampus.

sekolah
Lulusan dari luar negeri memiliki nilai plus. (Foto: Pexels/Pixabay)

6. Research Proposal

Ini merupakan salah satu dokumen tambahan. Biasanya dibutuhkan untuk mendapatkan LoA di program master by research. Research proposal adalah salah satu dokumen penting yang diminta calon pembimbing untuk mengecek kesiapan kita dan kecocokan tema riset.

"LoA adalah bukti dari usaha sungguh-sungguh yang kita lakukan. Selama ada niat dan usaha keras, jalannya pasti selalu ada. It's you against yourself," demikian yang diajarkan Aga kepada para peserta workshop WISH Forum 2018, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Informasi sudah tersedia dimana-mana. Rajinlah mencari tahu dan tunjukkan usaha sungguh-sungguh dari kalian. Tentu tidak semua orang akan berhasil pada kesempatan pertama. Ketika semua sudah dijalankan dengan sungguh-sungguh maka saatnya berdoa dan berserah diri kepada Tuhan.

"Melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi bukanlah tujuan utama tetapi sebuah jalan mencapai tujuan yang lebih besar. Kuliah di luar negeri tidak seindah yang kalian lihat di Instagram," tutup Aga. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH