Parenting
Hal-Hal yang Bikin Remaja Larut dalam Gim Daring ada beberapa hal yang bisa didapat oleh remaja dari bermain game online (Foto: pixabay/itechirfan)

DI tengah perkembangan teknologi yang kian pesat, banyak sekali remaja yang bermain gim daring. Terlebih lagi, sejumlah gim daring tidak hanya pada pada PC atau komputer, tapi dapat dimainkan dengan mudah dari genggaman tangan alias dari ponsel, seperti gim Mobile Legends: Bang Bang, PUBG, Free Fire, dan beberapa gim daring populer lainnya.

Para orangtua kerap dibuat khawatir dengan aktivitas anak yang bermain gim daring. Ya, tak dimungkiri banyak stigma terhadap gim daring. Padahal, aktivitas ini juga memiliki dampak yang positif bagi seseorang.

Baca Juga:

Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online

Game online memiliki beberapa dampak bagi remaja.(Foto: pixabay/explorerbob)

Mengenai hal itu, psikolog klinis Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Nanda Rossalia menjelaskan setidaknya ada beberapa hal yang bisa didapat remaja dari bermain gim daring, salah satunya dalam hal kompetensi.

"Alasan remaja bermain gim ialah untuk menunjukkan kompetensi mereka. Balik lagi ke identitas. Menang permainan, saya tangguh dan kompeten. Berbeda dengan di dunia nyata, nilai saya jelek. Sesuai karakteristik remaja, dia mau untuk building karena ini nanti berguna untuk kepercayaan dirinya," ujar Nanda pada webinar Remaja dan Gawai seperti dilansir ANTARA.

Menurut Nanda, hal lain yang bisa didapat dari bermain gim daring, yaitu dalam hal otonomi. Itu merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan atau diimpikan seorang remaja, yang belum tentu ia dapatkan di dunia nyata.

Nanda menjelaskan bermain gim daring memberi kesempatan serta kebebasan bagi remaja untuk memilih dan mengambil keputusan. Selain itu, gim daring juga bisa mengisi kebutuhan untuk berinteraksi, terkoneksi, hingga mendapat perhatian orang lain yang mungkin tak didapat di dunia nyata.

Setidaknya, tiga kebutuhan dasar sudah remaja dapatkan. Itulah yang membuat gim daring kemudian membuat mereka nyaman dan terlarut di dalamnya. Sementara itu, di dunia nyata, para remaja justru merasa tidak mendapati hal itu.

"Karena gim daring mampu memberikan kebutuhan dasar, sehingga tidak mengherankan kalau remaja larut. 'Di sinilah saya diterima. Inilah kompetensi saya'. Gim daring ini bisa memberikan rasa nyaman dan teman," jelas Nanda.

Baca Juga:

Puasa Main Game Sebulan, Kenapa Tidak?

Di samping sisi positifnya, Nanda mengatakan gim daring rentan menyebabkan kecanduan. Menurutnya, ada orang yang memang rentan sehingga bisa menjadi kecanduan. Biasanya, orang tersebut mempunyai rasa percaya diri yang rendah dalam mengontrol tindakannya.

Jangan bermain game online secara berlebihan. (Foto: pixabay/natureaddict)

Apabila remaja sudah kecanduan gim, Nanda menyarankan orangtua atau anggota keluarga membuat suatu program untuk bisa dilakukan bersama, seperti di dalam level sekolah. Sebagai contoh, Nanda menyebut melakukan kegiatan konsisten seperti berolahraga bersama atau menstimulasi siswa untuk mengembangkan hobi baru.

Setelah itu, orangtua bisa memberikan edukasi tetnang apa yang terjadi apabila bermain gim daring secara berlebihan. Nanda menyoroti pentingnya pembahasan yang perlu dibedakan daripada biasanya.

"Pembahasaan kita dalam melakukan promotive behaviour itu harus berbeda daripada biasanya. Jadi tidak lagi konvensional. Misalnya menggunakan film, animasi. Penyampaiannya melalui komunikasi. Orangtua harus secara aktif dan pasif memonitor kegiatan anak saat bermain gim daring," tutur Nanda. (Ryn)

Baca Juga:

Video Game Ini Bisa Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam 30 Hari?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Salak dapat Mencerahkan Kulit dan Mencegah Kanker
Fun
Salak dapat Mencerahkan Kulit dan Mencegah Kanker

Mengandung unsur-unsur penting seperti serat makanan dan senyawa fenolik.

Persiapan Mudik, Lima Kondisi Ban Ini Wajib Diperhatikan
Fun
Persiapan Mudik, Lima Kondisi Ban Ini Wajib Diperhatikan

Ganti ban bila sudah aus atau terpakai habis.

Kingsman 3 Mulai Produksi September 2022
ShowBiz
Kingsman 3 Mulai Produksi September 2022

Film Kingsman pertama berfokus pada Eggsy (Taron Egerton) seorang veteran agen rahasia

Uniknya Kecantikan Perempuan Asia
Fun
Uniknya Kecantikan Perempuan Asia

Cantik itu ternyata relatif.

Tips untuk Bantu Jaga Kesehatan Mental dari Rumah selama Pandemi
Fun
Tips untuk Bantu Jaga Kesehatan Mental dari Rumah selama Pandemi

Psikolog Sundari Indah membagikan sejumlah tips untuk membantu masyarakat menjaga kesehatan mental.

Musica Studio Hadirkan Album 'Sabda Alam' Chrisye dalam Bentuk Vinyl
ShowBiz
Musica Studio Hadirkan Album 'Sabda Alam' Chrisye dalam Bentuk Vinyl

Album tersebut dibuat dalam rangka mengenang 15 tahun kepergian Chrisye.

Foto Langka Tupac Shakur Dijual dalam Bentuk NFT
ShowBiz
Foto Langka Tupac Shakur Dijual dalam Bentuk NFT

Dijual jurnalis/fotografer hip-hop Lawrence 'Loupy D' Dotson di OpenSea.

Film Adaptasi Novel yang Bisa Ditonton di 2022
ShowBiz
Film Adaptasi Novel yang Bisa Ditonton di 2022

Adaptasi film novel umumnya memiliki intepretasi yang berbeda dengan buku novelnya.

Mengapa Orang yang Sudah Vaksin Penuh Perlu Dosis Booster?
Fun
Mengapa Orang yang Sudah Vaksin Penuh Perlu Dosis Booster?

suntikkan ketiga dapat meningkatkan kekebalan yang memudar secara alami.