Hal-Hal Sederhana Setiap Hari yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Bayi Kedekatan orangtua dan bayi merangsang kecerdasan si kecil. (foto: pexels/pixabay)

BANYAK orang yang beranggapan bahwa bayi tidak akan mengerti apa yang orang dewasa katakan kepada mereka. Sebenarnya momen sehari-hari bersama kamu merupakan waktu yang sangat sempurna untuk bayi belajar.

Kamu tidak perlu mendaftarkan si kecil ke berbagai macam kegiatan yang dapat merangsang pikiran si kecil. Kamu hanya perlu meluangkan waktu lebih untuk bersama si kecil. Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak bayi, seperti disebut laman Baby Gaga.

BACA JUGA: Ajari Anak untuk Berani Melawan Bullying


1. Ajak berbicara

parenting
Ajak si kecil berbicara sesering mungkin. (foto: pixabay/Daria Shevtsova)

Hal ini merupakan cara yang sangat sederhana untuk merangsang kemampuan si kecil. Cobalah banyak berbicara saat kamu melakukan suatu hal. Memang awalnya kamu akan terlihat konyol, karena kamu menganggap mereka tidak akan mengerti. Namun, jangan lupakan bahwa mereka tetap mendengarkan.

Misalnya jika kamu sedang menyapu bagian dalam rumah, ajaklah mereka berbicara. Hal tersebut dapat merangsang otak si kecil untuk menanggapi kata-kata kamu. Selain itu, si kecil akan menjadi pendengar kamu saat kamu melakukan pekerjaan rumah.

2. Biarkan bayi memainkan makanan mereka

child
Biarkan si kecil bereksplorasi dengan makanannya.(foto: pixabay/freestock.org)

Saat waktu makan, itu merupakan kesempatan merangsang pola pikir bayi. Jika saat makan mereka memainkan makanan mereka, biarkan saja. Saat makan, pikiran mereka masuk ke bagian taktil, sehingga mereka merasa ingin menjelajahi apa saja yang ada di piring mereka. Selain itu, saat memainkan makanannya, mereka juga dapat meningkatkan kemampuan sensorik mereka.

Biasanya kamu akan kesal jika mereka membuang makanannya ke bawah, tapi itu merupakan rasa keingintahuan mereka. Saat membuang makananya, si kecil hanya ingin belajar tentang sebab dan akibat. Jadi jangan marah saat mereka membuang makanan mereka ke bawah.

3. Kontak mata

baby
Selalu tatap matanya. (foto: pixabay/Daria Shevtsova)


Jika kamu melakukan kontak mata dengan buah hati, itu akan membuat otak kecil mereka mencari koneksi dan memberi ikatan yang sangat penting bagi kamu dan mereka. Jika kamu mengetahui bahwa mereka memperhatikan, balaslahh pandangan mereka, pandanglah wajah kecil mereka yang imut dan lucu.

Waktu yang sangat tepat untuk melakukan kontak mata ialah saat kamu sedang menyusuinya atau saat menggendongnya. Pastikan kamu memandangnya dengan waktu yang cukup lama. Itu akan membuat mereka mendapatkan stimulasi yang mereka butuhkan.


4. Ajarkan baca buku yang banyak

baby
Ajak membaca buku. (foto: pexels/lina kivaka)


Untuk meningkatkan kekuatan otak si kecil, kamu dapat membacakan buku setiap hari. Siapkan buku yang cukup banyak sehingga kamu memiliki banyak pilihan buku. Kamu dapat membacakannya sebelum mereka tidur karena itu merupakan waktu yang tepat. Membacakan buku merupakan sebuah hal yang santai dan dapat menambah kebersamaan kamu dengan si kecil lebih lama.

Memang waktu yang tepat untuk membacakannya sebelum tidur, bukan berarti kamu tidak dapat membacakannya hanya sebelum tidur. Kamu bisa membacakannya di siang hari, dan berguna untuk merangsang kemampuan otak si kecil. Saat kamu membacakan buku, usahakan jari kamu mengikuti di setiap kata yang kamu baca. Jika mereka terlihat fokus, mereka akan tumbuh sebagai anak yang suka membaca buku.(ape)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH