Hal-Hal Sederhana ini Ternyata Bikin Bibir Kering Hal-hal sepele bisa membuat bibir kering. (foto: pixabay/bessi)

BIBIR kering sangatlah menjengkelkan. Selain karena merusak penampilan, bibir kering kerap terasa perih sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika dibiarkan, kondisi itu akan memicu penyakit lainnya, seperti infeksi dan kanker kulit. Pasalnya, permukaan kulit bibir yang terkelupas berpotensi sebagai tempat hidup bakteri.

Seperti dilansir Thehealthy.com, bibir kering bisa jadi gejala awal penyakit tertentu. Berbeda dengan kulit bagian tubuh lain, kulit bibir sangat tipis dan lebih sensitif. Untuk itu, kamu harus cekatan merawatnya.

BACA JUGA: Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Jiwa, Bernyanyilah!

Namun, bagaimana jadinya kalau kamu sudah merawat tetapi masih saja kering? Mungkin kamu belum memahami penyebab-penyabab tertentu yang berpotensi membuat bibir menjadi kering.

1. Menjilat Bibir

bibir
Enzim dalam lidah membuat bibir infeksi. (foto: pixabay/mocah.org)


Apakah kamu termasuk yang sering menjilat bibir tanpa disadari. Meskipun dianggap normal, perilaku itu ternyata berpotensi membuat bibir menjadi kering. Enzim yang berada di permukaan lidah akan membuat bibir infeksi. Sebaiknya kamu menggunakan pelembap bibir dengan bahan alami.


2. Terlalu Lama Kena AC

bibir
Bibir tanpa proteksi memicu kanker bibir. (foto: pixabay/mstlion)

Tidak hanya kulit tubuh yang bisa kering karena terlalu lama terpapar AC, kulit bibir juga bisa. Bahkan jika bibir terlalu sering dan lama dibiarkan tanpa proteksi apa pun bisa memicu kanker bibir. Jadi mulai sekarang pakai kipas angin saja deh!

3. Pasta Gigi

bibir
Kandungan dalam pasta gigi bisa menimbulkan alergi. (foto: pixabay/stevepb)

Jangan sepelekan hal yang satu ini. Sering kali orang tidak meyadari hal sepele yang jadi penyebab dari penyakit-penyakit tertentu. Contohnya pasta gigi. Terlihat tidak ada hubungannya dengan bibir kering, tetapi ternyata sangat berkaitan.

Pasta gigi akan mengenai bibirmu walaupun dalam jumlah sedikit. Beberapa kandungannya sangat keras dan bisa menimbulkan alergi. Lebih baik kamu mulai konsultasikan ke dokter gigi perihal pasta gigi yang cocok dan aman.(mar)

BACA JUGA: Perbaiki Suasana Hati yang Buruk dengan Makanan Bernutrisi



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH