Hajatan Festival Film Cannes Digelar 17 Mei Festival Film Cannes akan digelar secara offline. (Foto: Festival Film Cannes)

FESTIVAL Film Cannes ke-75 siap digelar di French Riviera, Prancis, Selasa (17/5). Gelaran ini tentu begitu ditunggu-tunggu setelah ajang yang sama pada 2020 lalu dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Di 2021, festival ini digelar dengan protokol kesehatan yang begitu ketat demi menghindari risiko penularan COVID-19.

Kini salah satu hajatan festival film terbesar di dunia tersebut diharapkan dapat kembali digelar dengan normal meski kekhawatiran terhadap COVID-19 belum benar-benar hilang. Namun, terdapat sejumlah pelonggaran protokol kesehatan. Salah satunya, para tamu tak lagi wajib melakukan tes COVID-19 sebelum menghadiri acara meski tetap dianjurkan agar selalu mengenakan masker.

"Mudah-mudahan Cannes akan kembali normal sekarang. Ini merypakan tempat yang fantastis jika kamu seorang pembuat film. Kamu merasa seperti mendapat perhatian dari dunia perfilman," kata Ruben Ostlund yang tahun ini kembali pada festival tersebut melalui film baru Triangle of Sadness, seperti dilansir ANTARA, (15/5).

Baca juga:

'Elvis' akan Tayang Perdana di Festival Film Cannes 2022

Kerap dihadiri pegiat film kenamaan dunia. (Foto: Festival Film Cannes)

Sementara itu, Wakil Presiden Sony Pictures Classic Tom Bernard mengatakan Festival Cannes tahun ini akan terasa berbeda dan mengalami perubahan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pendapat tersebut didasarkan pada pengamatan Bernard terhadap acara Film Market yang telah berlangsung. Di ajang itu, terjadi pertemuan antara pihak distributor dan produser yang masih dilakukan secara virtual, belum seperti saat sebelum pandemi COVID-19.

Sebelum pandemi, biasanya pertemuan akan berlangsung secara tatap muka di beberapa hotel di sekitar Boulevard de la Croisette, Cannes, Prancis.

"Ini akan berbeda daripada sebelumnya. Apakah mereka akan mengadakan pesta? Apakah mereka akan memiliki kekhawatiran COVID-19? Apakah semua orang akan pergi ke sana dan hanya mencoba mengabaikan hal-hal itu?" ujar Bernard yang selalu langganan menghadiri Festival Film Cannes.

Baca juga:

Cannes Film Festival Gelar Versi 'Mini'

Akan menghadirkan lebih banyak film Hollywood. (Foto: Festival Film Cannes)

Festival Cannes tahun ini juga tak hanya terkait pada momen surutnya pandem, tapi juga dengan peristiwa perang di Ukraina sebagai kejadian besar yang pernah disaksikan Eropa sejak Perang Dunia II. Maka dari itu, penyelenggara melarang kehadiran perwakilan Rusia yang memiliki hubungan dekat dengan pemerintahannya.

Sebaliknya beberapa film yang dibuat sineas Ukraina akan ditayangkan termasuk salah satu karya dokumenter karya Sergeri Loznitsa yang berjudul The Natural History of Destruction. Bersamaan dengan itu, penyelenggara juga akan memuat lebih banyak film Hollywood ketimbang perayaan tiga tahun terakhir.

Salah satunya ialah film Top Gun: Maverick karya sutradara Joseph Kosinski yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. Film yang dibintangi Tom Cruise itu beberapa hari mendatang akan diputar di Festival Film Cannes sebelum dirilis di bioskop akhir Mei. (waf)

Baca juga:

Daftar Seleksi Festival Film Cannes Diundur

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Susi Susanti dari Tasikmalaya ke Olimpiade
Fun
Susi Susanti dari Tasikmalaya ke Olimpiade

Susi Susanti adalah bulu tangkis Indonesia.

Miliki 3 Item Fesyen yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman Biar Selalu Terlihat 'On' Pada Tiap Kesempatan
Fashion
FLORE Angkat Isu Kesehatan Mental pada Album ‘Romaniac’
ShowBiz
FLORE Angkat Isu Kesehatan Mental pada Album ‘Romaniac’

Tajuk Romaniac sendiri berhubungan dengan dunia karakter dari FLØRE.

Dilema Jajan Sembarangan 'Nikmat' Saat Ngilmu di Negeri Aing
Hiburan & Gaya Hidup
Dilema Jajan Sembarangan 'Nikmat' Saat Ngilmu di Negeri Aing

Saat jajan sembarangan di masa Sekolah Dasar, kerap terjadi dilema antara mencicipi kenikmatan jajanan, dan faktor kesehatan yang mengancam

Warna Pakaian yang akan Mendominasi Industri Fashion Tahun 2022
Fashion
Kayu Putih Bukan Hanya untuk Minyak Gosok
Fun
Kayu Putih Bukan Hanya untuk Minyak Gosok

Sebagian besar spesies kayu putih adalah tanaman yang selalu hijau.

Mudahnya Sedekah Melalui Layanan Digital
Fun
Mudahnya Sedekah Melalui Layanan Digital

Tak ada alasan untuk tidak bersedekah.

Windows 11 Rilis 5 Oktober
Hiburan & Gaya Hidup
Windows 11 Rilis 5 Oktober

Tersedia bagi PC Windows 10 yang sudah memenuhi syarat.

Steve Burns Ungkap Alasannya Tinggalkan ‘Blue's Clues’
Hiburan & Gaya Hidup
Steve Burns Ungkap Alasannya Tinggalkan ‘Blue's Clues’

Blue's Clues menjadi program yang punya kenangan tersendiri.

5 Tips Networking Buat Si Introvert Mendamaikan Diri
Hiburan & Gaya Hidup
5 Tips Networking Buat Si Introvert Mendamaikan Diri

Orang dengan kepribadian introvert kerap kesulitan untuk berkenalan dan beradaptasi dengan orang baru. Padahal membangun relasi itu penting dan banyak manfaatnya. Maka berikut adalah sejumlah tips sederhana yang bisa dilakukan.