Hair Lotion yang Dilupakan Perempuan Perempuan melupakan hair lotion. Foto: Pexels/Alexander Krivitskiy)

MEMILIKI rambut yang sehat dan indah merupakan impian semua wanita. Demi mendapatkan rambut yang indah, para wanita rela merogoh kocek untuk perawatan rambut secara rutin di salon.

Sewaktu keluar dari salon kecantikan, rambut kita bertransformasi menjadi berkilauan. Sayangnya, keindahan rambut kita tidak bertahan lama. Selang dua hari kemudian, rambut kembali terlihat kusam dan sulit ditata. Kita pun berpikir bahwa perawatan rambut yang kita lakukan sia-sia. Beberapa faktor menyebabkan rambut kita kembali kusam meski sudah ke salon.

"Berbeda dengan tubuh yang ditutupi oleh pakaian, rambut kita tidak terhalang apapun dan langsung terkena paparan sinar UV," ujar Amanda Indarwulan, Brand General Manager Matrix Indonesia.

Berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama membuat rambut kita terbakar matahari dan menyebabkan rambut kemerahan dan patah. Sinar UV membuat rambut kita menjadi kusam meski baru melakukan perawatan salon.

rambut
Paparan sinar matahari membuat rambut kusam. (Foto: Pexels/Pixabay)

Selain paparan sinar matahari, cara keramas yang salah juga dapat membuat rambut kita kusam. Rambut kita memproduksi minyak. Apabila tidak segera di keramas, maka rambut kita akan tampak lepek. Hal tersebut membuat kita segera mencuci rambut beberapa hari setelah melakukan perawatan rambut di salon.

Tentu saja kemampuan kita tak seterampil para penata rambut di salon. Kita bisa melakukan beberapa kesalahan dalam mencuci rambut dan membuat rambut tampak kusam.

Candra Suyatno, Technical Manager Matrix, menjelaskan bahwa perawatan rambut tak hanya di salon saja. Perawatan rambut harus dilakukan secara berkelanjutan. Setelah melakukan perawatan di salon kita tetap harus merawat rambut saat di rumah. Rangkaian perawatan yang dilakukan di salon dan di rumah pun berbeda.

"Perawatan rambut yang bisa dilakukan di salon adalah hair mask dan collagen hair. Sementara perawatan yang bisa dilakukan di rumah antara lain shampo, conditioner, dan hair lotion," tutur Candra.

Collagen berfungsi untuk menjaga elastisitas rambut kita. Dengan penggunaan collagen rambut secara rutin, maka elastisitas rambut tetap terjaga meski rambut sering mendapat penanganan secara kimiawi.

Hair mask berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan dan meningkatkan kualitas rambut. Proses hair mask di salon memberi efek rambut berkilauan secara kilat.

rambut
Perempuan lebih sering menggunakan body lotion ketimbang hair lotion. (Foto: Pixabay/Pexels)

Shampo dan conditioner merupakan perawatan rambut yang cukup sering dilakukan di rumah. Namun, bagaimanakah dengan penggunaan hair lotion? Candra menilai bahwa mayoritas orang mengabaikan penggunaan hair lotion. Padahal, hair lotion memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kualitas rambut.

"Banyak perempuan yang hanya peduli pada perawatan kulit dan menggunakan body lotion namun lupa memakai hair lotion," katanya. Dirinya menjelaskan bahwa setiap hari rambut terbuka dan terpapar sinar matahari atau merasakan kelembaban pendingin ruangan. Candara menegaskan pentingnya menggunakan hair lotion untuk tetap menjaga rambut agar tetap sehat.

Sama seperti body lotion, hair lotion berfungsi untuk menghidrasi rambut. Formula yang terdapat di hair lotion dirancang agar rambut tetap halus.

Hair lotion penting dilakukan jika kita memiliki rambut yang kering dan kusam. Bagi kita yang memiliki tipe rambut berminyak, aplikasikan sedikit hair lotion ke rambut. Hal tersebut dilakukan supaya rambut tidak mengkilap berlebihan. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH