Hai Pria, Lakukan 4 Hal ini untuk Hindari Penuaan Dini Pria juga harus sadar penampilan. (pixabay/ymcarussia)

MENUA sih pasti terjadi pada siapa saja, laki-laki ataupun perempuan. Namun, kalau wajahmu justru terlihat lebih tua daripada umurmu, wah, itu artinya kamu mungkin mengalami penuaan dini.

Pria mungkin cuek dengan penuaan dini. Namun faktanya, tak sedikit dari pria yang memikirkan penuaan dini saat mereka berusia 20-an atau 40-an. Kebanyakan dari mereka terlambat menyadari bahwa usia kulit mereka ternyata lebih tua daripada usia sebenarnya.

Seperti dilansir iStyle, kamu bisa mulai untuk melakukan 4 kebiasaan untuk mencegah penuaan dini. Sangat praktis, mudah dan tidak menyita banyak waktu.

1. Membersihkan wajah

cuci muka
Rajin-rajinlah membersihkan wajah. (foto: foreo.com)

Langkah pertama ini sangat krusial, tapi mudah dipraktikkan. Dengan banyaknya pilihan facial wash saat ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan tipe kulitmu. Apakah kulit kamu tipe yang berminyak, kering, atau normal.

Perlu kamu ingat ya, pria rawan dengan debu, kotoran, dan keringat karena cenderung lebih banyak aktivitas di luar. Usahakan bawa facial wipes untuk jaga-jaga kalau tidak sempat membersihkan muka.

2. Mulai memakai skin care

skin care
Pria juga boleh kok pakai skin care. (foto: pixabay/stux)


Buat kamu para pria, mulailah dengan memakai produk skin care yang dasar, seperti pelembap ya. Namun, jauh lebih baik kalau pelembap yang dipakai dilengkapi SPF. Kamu harus mengerti bahwa salah satu penyebab penuaan dini ialah paparan langsung sinar matahari. Biar rutinitas skin care maksimal, kamu bisa menambahnya dengan serum ataupun krim malam juga ya.

3. Rajin olahraga

excercise
Berolahraga membantu membersihkan pori-pori kulit. (foto: pixabay/mabelamber)


Syarat utama yang bisa membuat kamu awet muda ialah rajin olahraga. Saat berkeringat, pori-pori kulit kamu akan terbuka dan melepaskan racun-racun yang menyumbatnya. Racun-racun inilah yang berpotensi menjadi jerawat ataupun flek wajah. Jadi, ayo mulai rutin berolahraga!

4. Perhatikan konsumsi air dan gula

water
Minum amat penting untuk hidrasi kulit. (foto: pixabay/public domain pictures)


Langkah yang terakhir ini merupakan langkah yang paling penting, yakni menyeimbangkan konsumsi air dan gula. Air dan gula merupakan dua hal yang mempunyai pengaruh besar pada kesehatan kulit. Dengan kamu meminum banyak air putih, kulit akan terhidrasi sehingga kelembapannya terjaga.

Gula sendiri disebut sebagai salah satu penyebab utama jerawat lo. Mengonsumsi gula berlebih akan meningkatkan kadar sebum yang menyumbat pori-pori kamu.

Nah, tak sulit kan menerapkan kebiasaan sehat tersebut. Ayo lakukan sebelum terlambat!(gsh)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH