Hagia Shopia, Jejak Panjang Peradaban Manusia Hagia Sophia, berawal dari gereja, kemudian masjid dan sekarang menjadi museum. (Foto: Unsplash/Adli Wahid)

MUNGKIN kamu pernah dengar Hagia Sophia? Hagia Sophia adalah bangunan tua yang dahulunya gereja dan masjid, Hagia Sophia merupakan salah satu karya arsitektur terbesar di dunia dan menjadi warisan dunia.

Hagia Sophia berada di Istanbul, Turki. Hagia Sophia atau Aya Sofya diambil dalam bahasa Yunani Bizantium yang artinya kebijakan suci. Saat ini Hagia Sophia adalah museum yang beroperasi di bawah pemerintah Republik Turki.


Baca Juga:

Apa Sih Bedanya Open Trip dan Private Trip?

hagia
Interior Museum Hagia Sophia membuat kita tertegun akan keindahannya. (Foto: MP/Bella F)


Pembangunannya berlangsung dari tahun 537 sampai 1453, kemudian difungsikan sebagai katedral ortodok dan kedudukan Patriark Ekumenis Konstantinopel. Kemudian dari tahun 1204 sampai 1261 bangunan ini diubah oleh Pasukan Salib Keempat menjadi katedral katolik Roma. Kemudian berubah fungsi menjadi masjid dari tahun 1453 ketika Kesultanan Utsmani menguasai wilayah itu. Akhirnya berubah menjadi museum di tahun 1935 oleh pemerintah Republik Turki.

hagia
Hagia Sophia bukti sejarah panjang bangsa-bangsa di Eropa. (Foto: Unsplash/Katie Moum)

Pada awalnya bangunan ini hanya dibangun dengan menggunakan kayu yang hancur terbakar. Pada tahun 415 gereja ini kembali dibangun dengan menggunakan kayu dan marmer yang masih dapat dilihat sampai sekarang. Sayangnya bangunan ini kembali terbakar di tahun 532. Beberapa minggu kemudian gereja ketiga dibangun dengan menggunakan marmer yang diatangkan dari seluruh Mediterania. Ada juga yang merupakan rampasan dari kota-kota lain seperti Roma dan Efesus.

Gempa pernah muluh-lantakan bangunan ini. Kemudian ketika Kesultanan Utsmani merebut kota, maka Hagia Sophia berubah fungsi sebagai masjid. Sultan Mehmed II memperbaiki bangunan itu dan mengganti semua ornamen sesuai Islam. (Bfm)


Baca Juga:

Mau Melancong ke Kalimantan Timur? Ini 4 Spot Wisata yang Rekomen


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH