Hadirkan Looks Berbeda, Ini Kiat Styling Pakaian Ala TikTokers

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 28 November 2023
Hadirkan Looks Berbeda, Ini Kiat Styling Pakaian Ala TikTokers
Sejumlah item fesyen dapat mempercantik penampilanmu jika dipadukan dengan benar. (Foto: Pexels/Lumn)

DERETAN baju dari berbagai jenis model dan warna tergantung dan menumpuk di dalam lemarimu. Meski begitu, kamu tetap saja bingung mau memakai busana apa hari ini. Alih-alih tak ada ide, kamu mungkin hanya bosan dengan looks fesyen yang itu-itu saja.

Seiring berjalannya waktu dan tren berbusana, baju, celana, dan gaun lamamu mungkin akan terlihat ketinggalan zaman. Kamu pun bisa jadi ingin punya looks baru, tetapi tak ingin mengeluarkan uang. Untuk itu, tips styling ini bisa jadi solusi, loh.

Dilansir oleh laman Byrdie, belum lama ini ada tren di TikTok nan bernama ‘Wearing vs. Styling’. Seperti tajuknya, tren ini berusaha menunjukkan cara untuk memadu-madankan pakaian biasa, alih-alih hanya memakainya begitu saja. Ada jeans, kaos, ikat pinggang, dan rok mini.

Baca juga:

Tips Memilih Warna Perhiasan Sesuai Skin Tone

Nah, ini dia lima kiat styling pakaian ala TikTok yang bisa kamu coba di rumah supaya penampilan fesyenmu tidak itu-itu saja.

Padukan warna-warna yang kontras kala memilih outfit untuk menciptakan kesan yang ceria dan berani. (Foto: Pexels/Raul Reynoso)

1. Perhatikan warna pakaian yang dipilih

Warna pakaian yang terlalu banyak dan kontras akan menyebabkan penampilanmu nampak berantakan serta saling ‘tabrakan’. Stylist asal New York Jordanna Sharp menyarankan agar hanya ada dua warna utama saat kita memilih outfit, misalnya sweater hitam dengan sepatu dan tas cokelat.

“Memadukan dua warna yang cocok bisa mencegah penampilanmu agar tidak nampak membosankan sekaligus tak berlebihan,” ujar Sharp.

2. Ikatkan sweater di area leher dan bahu

Trik yang satu ini terlihat sederhana, tetapi mampu membuat penampilanmu jadi lebih chic dan menarik. Kamu bisa dengan mudah mengikat dan melilitkan bagian lengan sweater yang berwarna netral di sekeliling leher serta bahu. Selain itu, kamu juga bebas mencoba berbagai jenis ikatan dan sampiran.

Jika bosan dengan gaya ini, kamu bisa mencoba mengikat sweater atau jaket di area pinggang sebagai alternatif. Gaya ini cocok untukmu yang ingin menampilkan lekukan pinggang sambil memberikan kesan trendy.

3. Kreasikan pakaian berlapis

Pakaian berlapis atau layering adalah salah satu trik fesyen yang mudah dan sering digunakan sejak dulu. Misalnya kamu bisa memadukan sebuah rompi tanpa lengan sebagai outer dan kemeja berkancing atas sebagai inner. Item fesyen lain yang bisa kamu jadikan alternatif outer adalah jaket denim, sweater, atau hoodie.

Kunci penting dalam melakukan layering pakaian adalah perhatikan bentuk, warna, dan bahannya. Pastikan jika kedua baju atau atasan tadi bisa dikombinasikan dengan sempurna tanpa membuat penampilanmu berantakan.

Baca juga:

Tip Memilih Sepatu untuk Menunjang Penampilan

Kunci tambahan dari layering outfit adalah pastikan tekstur dan modelnya cocok dengan celana atau rok yang tengah dikenakan. (Foto: Pexels/Juan Mendez)

4. Gunakan ikat pinggang

Ikat pinggang tak lagi hanya sebagai item untuk mencegah celana dan rok kedodoran. Ikat pinggang kini juga bisa memperindah outfit-mu. “Bila kamu memakai jeans dan sweater sederhana, sebuah ikat pinggang bisa mempercantik penampilanmu,” ujar Sharp.

Jika memungkinkan selipkan atasanmu ke dalam celana untuk memberikan kesan ramping guna memamerkan belt milikmu. Cara ini juga sering dipakai oleh Bella Hadid dalam beberapa kesempatan, loh. Model asal Amerika Serikat ini sering memadukan ikat pinggang dengan gaun atau pakaian kasual yang tengah dipakainya.

5. Jadikan sepasang kaos kaki sebagai pelengkap

Biasanya kaos kaki dipakai orang ketika mereka ke sekolah, kerja, atau berolahraga. Kaos kaki sering kali dipandang sebagai pelengkap untuk menyerap keringat atau melindungi kaki dari lecet ketika mengenakan alas.

Nah kini, kamu bisa mengkreasikan penggunaan kaos kaki, loh. Gunakan kaos kaki yang berwarna netral dan panjang ketika mengenakan sepatu jenis loafers atau boots. Selain itu, gunakan kaos kaki yang punya aksen merah atau biru saat berolahraga. Kamu juga bisa menyontek gaya Putri Diana sebagai inspirasi gaya fesyen yang satu ini. (mcl)

Baca juga:

5 Tip Mengenakan Batik nan Trendi

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan