Hadirkan Keadilan, Pemprov DKI Gelar Sejumlah Acara Tahun Baru Imlek 2020

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 22 Januari 2020
Hadirkan Keadilan, Pemprov DKI Gelar Sejumlah Acara Tahun Baru Imlek 2020
Ribuan lampion di acara Festival Imlek (MP/Ismail)

Merahputih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2571, Sabtu 25 Januari 2020 mendatang.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan, kegiatan Imlek digelar untuk memberikan rasa keadilan, kebersamaan, dan kesetaraan bagi seluruh warga DKI.

Baca Juga:

PUBG Mobile Sambut Imlek dengan Event #WinnerWinnerLuckyTogether

Rangkaian acara dilaksanakan sejak 15 Januari 2020 hingga 5 Februari 2020 mendatang dengan menghadirkan Chinese Food di pusat kuliner Thamrin 10.

Sementara tanggal 23-24 Januari 2020 akan ada penampilan Liong, Tanjidor, dan Gambang Kromong dengan konsep seperti Chrismas Carol pada pukul 17.00-19.00 WIB.

"Jadi perpaduan antara kultur budaya Betawi-Cina yaitu tanjidor dan barongsai liong. Itu di depan Grand Hyatt, Bundaran HI, dan Taman Dukuh Atas," kata Hendra di Balai Kota DKI, Rabu (22/1).

Selanjutnya ada empat Stasiun MRT yang akan dipasang ornamen Imlek dengan sejarah 12 Shio yakni Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M, dan Lebak Bulus.

Ilustrasi: Bersih-bersih Klenteng Hok Tek Bio Jelang Imlek (MP/Rizki Fitrianto)

Pada tanggal 25 Januari saat Imlek akan ada penampilan Barongsai, dan 26 Januari akan ada Barongsai saat Car Free Day (CFD), serta penampilan wayang Potehi di Thamrin 10.

"Wayang Potehi wayang langka nih yang udah jarang ditampilin. Itu akan ditampilkan di insya Allah di Thamrin 10. Kemudian 3-9 Februari masih dalam rangkaian itu ada festival bakmi di Thamrin 10," papar Hendra.

Sementara pada tanggal 8 Februari 2020 akan ada Festival Pecinan Cap Go Meh di tiga lokasi Wihara yakni di kawasan Petak Sembilan, Kampung Duri, dan Jatinegara.

Disampaikan Hendra, seluruh kegiatan tidak menggunakan APBD DKI melainkan dari sponsor dan bantuan dari SMA 60 Jakarta serta SMA Bhayangkari 1. Puluhan siswa akan membuat lampion besar dengan bentuk Shio Tikus yang akan dipasang di kawasan Thamrin 10.

Baca Juga:

Menjelang Tahun Baru Imlek, Mobile Legends Bagikan 2 Skin Gratis

Hendra juga mengaku, pihaknya telah menggelar rapat melibatkan beberapa tokoh perwakilan masyarakat Tionghoa diantaranya dari Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), dan Perhimpunan Suku Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI).

"Jakarta adalah kota bagi semua. Kami ingin selalu menjaga dan merawat kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan antar warga masyarakat di kota Jakarta tercinta ini," tutup Hendra. (Asp)

#Imlek
Bagikan
Bagikan