Hadiri Silatnas MTA, Presiden Jokowi Berpesan Jaga Persatuan Presiden Jokowi saat menghadiri Silatnas MTA III di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/9).

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengajak kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk menjaga kerukunan, dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal itu merupakan bagian dari semboyan bangsa Indoensia, Bhineka Tunggal Ika.

Berbicara di hadapan sekitar 100.000 orang peserta, Jokowi juga berharap kepada Silaturahmi Nasional (Silatnas) Majelis Tafsir Alquran (MTA) III untuk menyebarkan virus tersebut.

“Saya ingin mengajak seluruh keluarga besar MTA di seluruh penjuru tanah air. Untuk bergandeng tangan dengan komponen-komponen bangsa lain. Bahwa kita harus menebarkan kasih sayang, dakwah yang menyebarkan kerukunan, untuk terus menjaga kesatuan Negara Republik Indonesia,” jelas Presiden dalam sambutannya di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/9).

Jokowi memaparkan, Indonesia memiliki 17 ribu pulau yang terdiri dari 714 suku dengan ribuan bahasa daerah. Kekayaan Indonesia ini, menurut Jokowi harus dijaga jangan sampai tercerai berai.

"Indonesia terbagi menjadi 516 kabupaten/kota di 34 provinsi, dengan agama yang berbeda-beda. Ini sudah menjadi takdir Allah. Saya ingin mengingatkan, mari kita jaga persaudaraan, ukhuwah islamiah kita, ukhuwah wathaniah kita, ukhuwah basariah kita," kata Jokowi.

Selain Presiden Jokowi, Silatnas MTA III turut dihadiri Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan peresmian 64 perwakilan dan cabang baru MTA. Sehingga total saat ini ada sebanyak 602 cabang MTA yang tersebar di Indonesia. (*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Win, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga berita-berita lainnya di: Dihadiri Jokowi, Ribuan Personel Gabungan Amankan Silatnas MTA III



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH