Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Mendagri Apresiasi Kinerja KPU Mendagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2019

MerahPutih.Com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo turut menghadiri rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6).

Tjahjo mengapresiasi kinerja KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2019 yang telah berjalan lancar sesuai Undang-Undang. Menurutnya, rapat pleno kali ini merupakan rangkaian pemilu sebelum presiden dan wakil presiden terpilih dilantik pada Oktober 2019 mendatang.

"Ini proses tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh KPU. Karena KPU sebagai pelaksana penyelenggara dan mekanisme pengumuman calon pemenang Pilpres. Setelah ini akan disiapkan pelantikan tanggal 20 Oktober," kata Tjahjo di kantor KPU.

Kantor KPU RI
Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat (Foto: antaranews)

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengaku bangga lantaran partisipasi pemilih meningkat dalam Pemilu 2019. Selain itu, kata Tjahjo, Pemilu 2019 juga berlangsung aman dan damai berkat koordinasi semua pihak.

"Hal yang dikoordinasikan bapak Menkopolhukam pelaksanaan ini berjalan maksimal apalagi secara kualitas tingkat pelaksanana lancar, partisipasi meningkat. Karena kuncinya adalah stabilitas yang diamankan oleh Kepolisian, TNI, BIN, Gakkumdu, Bawaslu dan Kejaksaan sehingga partisipasi politik cukup tinggi," pungkas Tjahjo.

BACA JUGA: Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, KPU Undang 16 Parpol

Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih, Kediaman Prabowo Tampak Sepi

Penetapan presiden dan wakil presiden terpilih dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan capres dan cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU, pasangan capres dan cawapres 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo-Sandi. Dengan demikian, KPU akan menetapkan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH