Hadiri Penayangan 'Joker' di New York, Joaquin Phoenix dan Todd Phillips Disambut Meriah Joaquin Phoenix disambut meriah saat screening di New York City. (foto: IMDB)

FILM Joker resmi diputar Jumat di seluruh bioskop di Amerika. Kamis (3/10) waktu AS, sebuah screening digelar di teater IMAX Lincoln Square 13 di New York City. Secara mengejutkan, bintang film tersebut, Joaquin Phoenix, dan sang sutradara, Todd Phillips, hadir di acara itu.

Editor in Chief Humungus, John DeVore, mengatakan kepada People bahwa setelah film selesai diputar, Phoenix dan Phillips menerima sambutan standing ovation dari penonton yang hadir.

BACA JUGA: Penayangan Perdana, 'Joker' Raup US$5,4 Juta

Terang saja sambutan meriah penuh apresiasi itu membuat senang keduanya. Senyum pun merekah saat mereka menjelaskan bahwa itu merupakan screening pertama mereka malam itu. "Penonton amat senang melihat keduanya. Mereka tampaknya amat menyukai film itu. Inilah sambutan terbaik yang didapat Phoenix dan Phillips sejauh ini," kata DeVore.

Standing ovation juga diterima film tentang kisah hidup Arthur Fleck ini saat diputar perdana di Festival Film Cannes. Joker bahkan menerima penghargaan Golden Lion di Venice International Film Festival, akhir Agustus lalu. Sang aktor yang bermain apik juga mendapat penghormatan di Toronto International Film Festival.

Meskipun banyak menuai pujian, Joker juga tak lepas dari kritik. Bahasa yang keras dan penggambaran kekerasan yang gamblang telah menerbitkan kekhawatiran di kalangan keluarga korban penemabakan massal di AS.

joker
Film Joker, dipuji sekaligus dikritik. (foto: IMDB)

Atas kritik itu, Phoenix angkat bicara. Pada sebuah ajang konferensi pers September lalu, aktor berusia 44 tahun itu menyanggah bahwa tentunya banyak orang yang bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. "Orang bisa salah menginterpretasikan apa saja. Dari lirik lagu hingga isi buku. Jadi kupikir, bukan menjadi tanggung jawab pembuat film untuk mengajarkan moralitas kepada penonton. Kami tak harus menyampaikan secara gamblang mana yang benar dan mana yang salah," ujar Phoenix.

Setelah penayangan di Toronto Film Festival, film Joker langsung menuai banyak pujian sekaligus kritik. Sejumlah media menyebut betapa film ini mengagumkan, terlebih akting apik Phoenix dalam membawakan Joker. Di sisi lain, mereka menyebut film ini amat mengusik dan membuat tak tenang.(dwi)

BACA JUGA:



Dwi Astarini