Hadiri Konpres Tim Hukum PDIP, Yasonna Didesak Mundur dari Menkumham Direktur Lembaga Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mendesak Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mundur dari jabatannya.

Menurut Pangi, langkah Yasonna yang hadir dalam konferensi pers tim hukum PDIP tentang penggeledahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak tepat.

Baca Juga:

"Ngadu" ke Bareskrim, Tim Hukum: PDIP Babak Belur Dipojokan Oleh Pemberitaan

"Harus Yasonna mundur dari Menkumham, silahkan nanti menjadi tim hukum PDIP untuk melakukan perlawanan terhadap berita berita miring, Menkumham seperti ngak punya etika dan tidak paham soal pantas, kepatutan, beliau jangan jangan ngak sadar menjabat menteri hukum dan HAM," kata Pangi kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/1).

Menkumham Yasonna Laoly hadir dalam Konpers Tim hukum PDIP di Jakarta
Menteri Yasonna tampak ikut hadir dalam Konpers tim hukum PDIP di Jakarta (MP/Ponco Sulaksono)

Pangi menjelaskan, agenda pemberantasan korupsi di era Jokowi nampaknya gagal total mulai dari KPK sudah lumpuh, tidak punya wibawa, sampai Menkumham yang ikut membela partai dan terkesan melindungi.

"Sehingga tidak bisa bekerja maksimal," sebut Pangi.

Pangi berujar, ini semua ulah Presiden Jokowi, yang tetap ngotot dan memaksakan pembantu presiden yang berkaitan dengan agenda penegakan hukum dari partai politik, padahal begitu banyak yang waktu itu sangat getol dan keras menolak menteri dari latar belakang partai.

"Karena itu tadi sudah dipastikan hukum tidak berjalan pada trayek normal dan tidak terkontaminasi kekuasaan," sebut Pangi.

Baca Juga:

Setelah Dewan Pers, Tim Hukum PDIP "Ngadu" ke Bareskrim Polri

Pangi yakin, Yasonna sedang menganggu proses penegakan hukum, dan membuat hukum tidak bekerja maksimal.

"Bagaimana mungkin beliau bisa, kok bisa seorang menteri hukum dan ham sekaligus menjadi tim hukum PDIP, kita habis pikir, di mana rasa malu dan etika itu," tutup Pangi.(Knu)

Baca Juga:

Buntut OTT KPK, DPP PDI Perjuangan Bentuk Tim Hukum



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH