Hadiri Jeju Forum for Peace and Prosperity, Megawati Sebut Korsel dan Korut Keluarga

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 13 September 2022
Hadiri Jeju Forum for Peace and Prosperity, Megawati Sebut Korsel dan Korut Keluarga
Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. (Foto: PDIP)

MerahPutih.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadiri Jeju Forum for Peace and Prosperity Ke-17 di Jeju, Korea Selatan.

Megawati tiba sekitar 18.00 waktu setempat dan disambut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto di Bandara Jeju, Senin (12/9).

Baca Juga:

Pernyataan Megawati Singgung Kader Bermanuver Hal Wajar

Presiden ke-5 RI ini menyebut dirinya memiliki hubungan dekat dengan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut). Kedua negara itu bagi Megawati ibarat keluarga.

"Sangat dekat karena pemimpin-pemimpin yang ada di Korut dan Korsel itu sangat menginginkan saya untuk menjadi spesial envoy antara kedua keluarga, kalau saya bilangnya keluarga," kata Megawati di Jeju, Korsel, Selasa (13/9).

Megawati pada Kamis (15/9) akan menjadi pembicara kunci di acara Jeju Forum for Peace and Prosperity. Menurut informasi akan ada 2.000 peserta di Jeju Forum yang ke-17 ini.

Sejumlah tamu VIP dari sejumlah negara dijadwalkan ikut hadir dan menyampaikan materi di acara ini. Selain menyampaikan pidato, Megawati akan membagikan buku Pancasila, Dasar Negara Indonesia dalam bahasa Inggris.

Kehadiran Megawati ini menjadi kehadiran ketiga di Korsel untuk berbicara di forum perdamaian. Berdasarkan catatan, selain di Jeju Forum ke-17 tahun ini, Megawati pernah juga jadi pembicara di Jeju Forum ke-12 tahun 2017 serta DMZ International Forum on the Peace Economy, tahun 2019.

Semasa menjabat Presiden RI dan usai menjabat, Megawati pun tercatat beberapa kali berkunjung ke Pyongyang, Korea Utara untuk membawa pesan perdamaian.

"Saya diundang untuk jadi keynote speaker karena saya selalu mengatakan bahwa Indonesia, alhamdulillah punya Pancasila yang sebenarnya itu sangat bisa dipergunakan oleh seluruh bangsa di dunia terutama dari sisi masalah perdamaian," ujarnya.

Di Pulau Jeju, Megawati akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dan BRIN serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada hari Rabu (14/9).

Setelah itu, mengunjungi Laboratorium Budi Daya Laut yang berada di Universitas Nasional Jeju dan bertemu dengan Gubernur Jeju Oh Young-hun serta menanam pohon di Megawati Soekarnoputri Garden, salah satu kawasan hotel di Pulau Jeju yang peresmiannya oleh presiden ke-5 RI itu pada bulan Mei 2017. (Pon)

Baca Juga:

Bertemu Puan, Prabowo Sebut Sudah Tiga Generasi Dekat Dengan Keluarga Megawati

#Korea Utara #Korea Selatan #Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan