Hadiri Cap Go Meh, Puan: Jaga Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika Menko PMK Puan Maharani (tengah) didampingi Willem Rampangilei (ketiga kiri) dan Cokorda Ngurah Pemayun (kanan) ANTARA FOTO/Wira Suryantala)

MerahPutih.Com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menghadiri perayaan Cap Go Meh yang digelar di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/3).

Dalam kesempatan ini, Puan mengucapkan selamat tahun baru Imlek kepada warga keturunan Tionghoa. Dia juga mengimbau untuk menjaga Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Selamat tahun baru imlek. Jangan lupa jaga Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kita ini satu saudara, satu bangsa, satu tanah air, satu Indonesia, satu merah putih," ujar Puan.

Putri dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengingatkan agar perayaan Cap Go Meh yang dimeriahkan 2000 peserta ini dapat berlangsung dengan tertib dan damai.

"Setelah menyaksikan Cap Go Meh. Saya harapkan bapak ibu dapat kembali dengan tertib. Jaga keamanan, kita buktikan gotong royong, satu indonesia," ucap Puan.

Diketahui, karnaval perayaan hari terakhir Imlek yang digelar di kawasan Glodok, Jakarta Barat ini dimeriahkan 2000 orang peserta. Tak hanya diisi oleh kebudayaan asal Tiongkok, namun juga menampilkan berbagai macam kebudayaan asli Indonesia.

Pasalnya, kata Ketua Dewan Pembina Panitia Cap Go Meh 2018 Charles Honoris, perayaan Cap Go Meh saat ini tak lagi milik masyarakat keturunan Tionghoa, melainkan juga sebagai bagian kebudayaan nusantara.

Oleh karena itu, lanjut Charles, dalam karnaval perayaan hari terakhir imlek ini juga menghadirkan peserta dan penampilan dari berbagai macam latar belakang suku, agama, dan komunitas.

"Selain Barongsai dan arak-arakan Joli yang menjadi ciri khas Cap Go Meh, akan ada tarian Gemufamire, Sisingaan, Reog Ponorogo dan juga marching band dari Remaja Masjid Istiqlal yang sangat bersemangat untuk ikut memeriahkan acara," kata Charles.

Sejumlah tokoh nasional juga menghadiri acara ini, diantaranya Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkominfo Rudiantara, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH