Hadir di Next-Gen, Resident Evil Village Tetap Muncul di Konsol Lama ) Ethan Winter tetap bisa beraksi di konsol terdahulu pada game Resident Evil Village (Foto Capcom)

SETELAH meluncurkan trailer terbaru Resident Evil Village di PlayStation 5, Xbox Series X, dan PC Juni 2020 ini, Capcom berencana membawa gim ini ke konsol yang lebih lama, yakni PlayStation 4 dan Xbox One. Hal itu terungkap pada wawancara mereka di Tokyo Game Show Online 2020.

Dilansir Metro dan PlayStation Lifestyle, pernyataan tersebut dilontarkan Tsuyoshi Kanda, produser Resident Evil Village, pada Fan Meeting Capcom di event Tokyo Game Show Online 2020. Tentu pernyataan tersebut dilontarkan dengan maksud untuk memberikan kepastian. Meskipun demikian, ia tidak berjanji Resident Evil Village akan hadir di konsol lama. "Kami akan berusaha sebisa mungkin, tapi kami tidak bisa menjanjikan hal ini. Selain itu, kami juga sangat ingin membawa gim survival horror terbaik garapan kami untuk konsol generasi pendahulu," ujar Kanda.

BACA JUGA:

Grup Idola Virtual K-Pop K/DA Umumkan Nama Fandom dan Lightstick

Bisa jadi, banyak alasan yang valid bagi Capcom untuk mempertimbangkan keputusan untuk membawa Resident Evil Village ke konsol generasi terdahulu. Hal itu termasuk optimisasi yang dirasa sulit bagi para staff Capcom untuk membawa game next-gen ini ke konsol lama.

Optimisasi pada suatu gim tentu akan membuat developer kerja dua kali untuk memindahkan gim mereka ke platform lain. Apalagi dengan pengorbanan di bidang visual dan frame rate, itu akan membuat para pemain kecewa bila hasil porting pada game tersebut menjadi jelek. Selain itu, gim jadi tidak apik bila dimainkan di platform yang tidak semestinya.

Resident Evil Village dimulai setelah cerita tragis dari seri sebelumnya, yakni Resident Evil 7. Di seri ini, Ethan, dan Mia Winters akan bertemu dengan musuh yang berbeda dari seri sebelumnya, yakni manusia serigala, penyihir, dan segelintir zombie yang menjadi khas Resident Evil. Chris Redfield, pria yang berperan pada beberapa seri terdahulunya juga akan hadir pada game ini, meski pada trailer tersebut terlihat ia menjadi sosok antagonis.

resident evil village
Amat mungkin optimisasi akan mengorbankan kualitas gambar (Foto Capcom)

Dengan demikian, akan ada kemungkinan bagi para pemain konsol pendahulu untuk dapat memainkan game Resident Evil Village, juga berkesempatan untuk mendapatkan upgrade gratis ke konsol next-gen bila punya gamenya. Tapi kesempatan ini mungkin bisa dikabulkan dengan port yang tidak sesuai ekspektasi, atau tidak dikabulkan, dan mengharuskanmu untuk upgrade PC, atau membeli konsol next-gen untuk dapat memainkan game ini. (dnz)

BACA JUGA:


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH