Hadi Pranoto Polisikan Balik Pelapor, Dalihnya Terhina Dibilang Profesor Peneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.

MerahPutih.com- Pelapor musikus Erdian Aji Prihartanto alias Anji dengan seorang pria bernama Hadi Pranoto, yaitu Muannas Alaidid dilaporkan balik ke polisi. Laporan dibuat oleh kuasa hukum Hadi bernama Muhammad Nur Aris.

Langkah hukum yang dilakukan Hadi ini diterima dengan nomor LP/4648/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ Tanggal 6 Agustus 2020. Dalam membuat laporan, kuasa hukum membawa bukti berupa rekaman video yang diunggah ke akun sosial media Instagram Muannas @muannas_alaidid. Video tersebut berisi pernyataan Muannas setelah membuat laporan di Polda Metro Jaya.

Baca Juga:

Buntut Video Viral Anji, Masyarakat Diminta Tak Asal Percaya Obat COVID-19

"Ini adalah respons terhadap temuan yang kita temukan di dalam Instagram yang bersangkutan," kata Nur Aris, di Jakarta, Jumat (7/8). Menurut dia, kliennya Hadi merasa terhina dan keberatan dengan pernyataan Muannas pada awak media usai membuat laporan.

Video Anji (kanan) dan Hadi Pranoto yang sempat viral di You Tube.(Tangkapan layar dari Youtube Anji)
Video Anji (kanan) dan Hadi Pranoto yang sempat viral di You Tube.(Tangkapan layar dari Youtube Anji)

Pengacara Hadi lainnya, Angga Busra Lesmana merinci dua pernyataan Muannas yang dinilai mencemarkan nama baik kliennya karena telah menyebut Hadi sebagai profesor. "Yang pertama, bahwa MA (Muannas) menyebutkan klien kita adalah profesor. Padahal klien kita tidak pernah menyebutkan dirinya profesor," kata dia.

Baca Juga:

Polisi Ungkap Lokasi Wawancara Anji dengan Hadi Pranoto

Dalih kedua laporan kliennya, kata Angga, terkait pernyataan Muannas yang mengatakan Hadi tidak percaya dengan tes terkait COVID-19. Atas dasar itulah, Muannas dilaporkan ke polisi terkait dugaan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Untuk diketahui, Musisi Anji sebelumnya dilaporkan oleh Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya, Senin, 3 Agustus 2020. Hadi Pranoto, yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi dan diwawancara Anji melalui kanal YouTube-nya @duniamanji, juga dilaporkan. Pasal yang diduga dilanggar berkaitan dengan tindak pidana bidang ITE atau menyebarkan berita bohong. (Knu)

Baca Juga:

Sederet Pasal yang Bisa Digunakan Polisi Jerat Anji dan Hadi Pranoto


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH