Hadapi Resesi, Jokowi Perintahkan Penyaluran Bansos Dipercepat Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Penyaluran seluruh bantuan sosial langsung tunai kepada masyarakat harus dipercepat untuk meningkatkan daya beli pada kuartal III 2020. Langkah ini, sebagai cara pemerintah menghidari resesi ekonomi.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini sudah menuju akhir September 2020, yang merupakan akhir dari kuartal III 2020. Sehingga seluruh stimulus untuk menggerakkan perekonomian masyarakat harus disalurkan.

“Kita masih punya waktu sampai akhir September 2020 untuk meningkatkan daya ungkit, meningkatkan daya beli masyarakat, meningkatkan konsumsi rumah tangga dalam kuartal ketiga ini,” ujar Jokowi.

Baca Juga:

PSBB Total Hari Pertama, Penumpang KRL Melorot

Jokowi menegaskan, kuartal III 2020 merupakan momentum pemulihan ekonomi sekaligus kesempatan Indonesia untuk menghindari fase resesi ekonomi.

Di kuartal II 2020, ekonomi Indonesia terkoreksi hingga ke level minus 5,32 persen. Jika Indonesia kembali mengalami pertumbuhan ekonomi negatif di kuartal III 2020, Indonesia memasuki fase resesi.

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah selama enam bulan masa pandemi COVID-19 antara lain, bantuan sembako, bantuan sosial tunai, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yang merupakan pengalihan sebagian anggaran kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran Bansos
Warga penerima bantuan sosial. (Foto: Antara).

Kemudian, terdapat juga bantuan diskon hingga penggratisan tarif listrik, subsidi melalui Kartu Prakerja, bantuan subsidi gaji kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta, dan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif kepada usaha mikro kecil sebesar Rp2,4 juta.

Pemerintah pada tahun ini, menganggarkan untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional mencapai Rp695,2 triliun. Data per awal September, pos untuk perlindungan sosial sudah terealisasi mencapai 62,8 persen dari pagu Rp203 triliun, kemudian untuk sektoral kementerian dan pemda mencapai 27,8 persen dari pagu Rp106 triliun.

Baca Juga:

Jadi Dubes RI Untuk Amerika, Ini Langkah Lutfi



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH