Relasi
Hadapi Putus Cinta saat Liburan Akhir Tahun Putus cinta saat liburan (Sumber: Heels Digest)

LIBURAN akhir tahun adalah momen yang tepat bagi kita untuk bersenang-senang. Sayangnya, itu tidak dirasakan oleh mereka yang baru putus cinta. Entah hubungan kandas baru berakhir kemarin atau berbulan-bulan yang lalu, liburan setelah putus cinta adalah mimpi buruk. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan dari keluarga yang justru membuatmu semakin stres dan kesepian. Itu justru membuat keadaan terasa semakin sulit.

Ketika berada di keadaan semacam itu, bersikap seolah-olah baik-baik saja seringkali menjadi pilihan. Padahal tidak harus demikian. Meskipun terlihat berlawanan dengan intuisi cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mengakui kesedihanmu. "Sulit untuk merasakan kesedihan ketika orang lain tidak ingin melihat kita bersedih apalagi saat sedang liburan," ujar penasihat hubungan berlisensi, April Bennett.

baca juga:

Beda Cara Perempuan dan Pria Menghadapi Putus Cinta

Menurut Bennett, putus cinta saat liburan akan terasa lebih menyakitkan karena ada tekanan untuk terlihat bahagia. Apalagi saat berkumpul dengan keluarga dan teman saat liburan, mereka selalu punya cerita menyenangkan untuk dibagikan.

Beberapa di antaranya baru saja mendapat voucher makan di restoran mewah, mendapatkan bonus akhir tahun, hingga ada yang bertunangan. Kita pun tidak punya ruang untuk mengekspresikan kesedihan. Akibatnya, perasaan sedih justru semakin meningkat.

Single
Single saat liburan (Sumber: eHarmony)

Alih-alih meredam atau memaksakan dirimu untuk melupakan mantan, luangkan waktu untuk berduka tentang kehilangan itu setiap hari. Luapkan emosimu dalam sebuah jurnal. Kamu juga bisa hanya duduk dan merenung. Cara demikian membuatmu bisa merasakan dan menerima emosi tersebut. Jika kita sudah bisa menerima emosi dan berdamai dengan diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk mengelola perasaan.

"Penting juga untuk merawat diri dengan baik saat sedang bersedih," ucap Bennett lagi. Kamu bisa menghubungi temanmu dan buat aktivitas bersenang-senang bersama. Tanyakan apakah mereka punya cara untuk mendistraksi kesedihan yang sedang kamu alami. Kehadiran mereka juga bisa mengalihkan sedihmu dari keluarga yang berusaha mengorek alasan kandasnya hubunganmu dengan pasangan atau mengapa kamu belum juga menikah.

Liburan panjang tak harus dihabiskan dengan berlibur ke suatu tempat. Kamu bisa merencanakan kegatan yang tidak terkait dengan liburan seperti nonton film, karaoke, atau kulineran bersama teman. Itu bisa membantumu untuk tidak terpuruk pasca putus cinta di hari liburan.

Baca juga:

'Jleb', Putus Cinta Bukan Perkara Mudah Bagi Pria

Sementara konsultan pernikahan dan keluarga, Leah Abrusci mengatakan cara terbaik untuk menangani kesedihan pasca putus cinta di hari liburan adalah dengan menetapkan batasan. "Jika kamu tidak ingin membicarakannya lakukan saja. Dengan sopan dan lembut katakan kepada anggota keluargamu bahwa kamu menghargai ikiran mereka dan bahwa kamu tidak ingin membicarakannya," urainya.

Ucapan Abrusci tak sepenuhnya mendapat persetujuan dari Konsultan Pernikahan dan Keluarga lainnya, Becca Hirsch. Menurutnya, tidak semua orang akan menerima jawaban demikian "Kamu kenal karakter keluargamu. Kamu tahu siapa yang tidak memiliki batasan diri dan siapa yang akan mendukungmu. Tetaplah pada mereka yang mendukung dan menjauhlah sesaat dari yang tidak pengertian," tuturnya.

Single Happy
Single saat liburan (Sumber: Scary Mom)

Dirinya merekomendasikan beberapa aktivitas yang bisa membuat suasana hati lebih tenang. "Berjalan-jalan, menulis jurnal, meditasi, hingga berbicara dengan saudara kandung yang empati bisa membuat kondisi lebih tenang," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan penting bagi kita untuk merenung dan berbicara dengan diri sendiri. Kamu bisa menjawab pertanyaan dari dirimu sendiri tentang apa saja faktor yang membuat hubungan kalian kandas, atau karakter apa yang ada pada dirinya dan dirimu yang tidak matching sehingga berakhir pada perpisahan. Apresiasi dirimu dengan kata-kata positif. "Katakan 'aku puas dengan hidupku sekarang termasuk kehidupan asmaraku'," demikian tukasnya. (avi)

Baca juga:

Ternyata Putus Cinta Bermanfaat Buatmu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kisah Mikael Jasin, Dari Tukang Cuci Piring Hingga Panggung Barista Dunia
Fun
Kisah Mikael Jasin, Dari Tukang Cuci Piring Hingga Panggung Barista Dunia

Salah satunya Mikael Jasin, Barista kelas dunia asal Indonesia. Pria berpenampilan maskulin yang memilih untuk fokus di dunia kopi.

Si Meow Gli 'Ratu' Penghuni Hagia Sophia Paling Setia
Hiburan & Gaya Hidup
Si Meow Gli 'Ratu' Penghuni Hagia Sophia Paling Setia

Gli menjadi salah satu kucing paling populer di dunia dengan 68 ribu pengikut di instagram

Protokol Kesehatan Anak-Anak Sesuai Imbauan Ikatan Dokter Anak Indonesia
Fun
Protokol Kesehatan Anak-Anak Sesuai Imbauan Ikatan Dokter Anak Indonesia

IDAI tidak merekomendasikan anak-anak untuk keluar rumah

Kurangi Asupan Garam Harian!
Fun
Kurangi Asupan Garam Harian!

Garam sebenarnya bukan musuh bila dikonsumsi pada batas wajar.

Arashi bakal Hiatus, Yuk Ingat lagi Karya dan Prestasi Mereka
ShowBiz
Arashi bakal Hiatus, Yuk Ingat lagi Karya dan Prestasi Mereka

Setelah 21 tahun berkarya, Arashi memutuskan untuk hiatus.

Ini Harga PS5 dan PS5 Digital Edition yang Terkuak di Amazon Prancis
Fun
Ini Harga PS5 dan PS5 Digital Edition yang Terkuak di Amazon Prancis

Sesuai dengan spekulasi yang telah beredar, ayo tebak berapa harganya.

Manuver Terakhir Boeing 747 Milik Qantas
Hiburan & Gaya Hidup
Manuver Terakhir Boeing 747 Milik Qantas

Qantas mengucapkan selamat tinggal pada armada Boeing 747.

Gara-gara 'Challange' Konyol, 'Influencer' Media Sosial Terpapar Virus Corona
Fun
Gara-gara 'Challange' Konyol, 'Influencer' Media Sosial Terpapar Virus Corona

Lagi, challange di media sosial yang merugikan. JANGAN DITIRU!

Pohon Es Raksasa Ini Jadi Sorotan di Media Sosial
Fun
Pohon Es Raksasa Ini Jadi Sorotan di Media Sosial

Sebuah pohon es raksasa jadi sorota di media sosial, karena keunikannya dan cara pembuatannya yang antimainstream