Hadapi Puncak Musim Hujan, DPRD Desak Pemprov DKI Perbaiki 31 Pompa Rusak Enang (kiri) dan putranya membersihkan sampah di gorong-gorong di Rumah Pompa Muara Karang, Jakarta Utara, Senin (20/1) (ANTARA/Prisca Triferna)

MerahPutih.com - Komisi D DPRD DKI Jakarta mendesak Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI untuk segera memperbaiki pompa-pompa yang rusak karena terendam banjir pada awal tahun 2020 lalu.

Ketua Komisi D DPRD DKI, Ida Mahmudah mengatakan perbaikan pompa rusak ini guna menghadapi puncak musim penghujan yang berlangsung pada bulan Februari mendatang. Oleh sebab itu, Ida meminta Dinas SDA untuk segera memperbaiki 31 pompa air yang rusak.

Baca Juga

Pemprov DKI Akui Sejumlah Pompa Air Terendam Saat Banjir Kepung Jakarta

Berdasarkan perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) puncak musim hujan berlangsung pada bulan Februari mendatang.

"Kami minta SDA untuk mengecek seluruh pompa yang rusak agar segera perbaiki sebelum hujan besar. Jadi, sebelum hujan besar Februari mendatang, kita sudah siap duluan," kata Ida saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (23/1).

Pengurasan banjir yang merendam Perumahan Green Ville, di Jakarta, Sabtu, (4/1/2020). (ANTARA/Boyke Ledy Watra)
Pengurasan banjir yang merendam Perumahan Green Ville, di Jakarta, Sabtu, (4/1/2020). (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Selain itu, dirinya juga mengajak seluruh warga DKI Jakarta yang memiliki lahan lebih dapat membuat sumur resapan. Menurutnya sumur resapan berfungsi sebagai tempat untuk menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah.

Baca Juga

Sejumlah Anggota DPRD Sidak 2 Pompa Air di Jakarta

"Karena itu, ayo warga Jakarta kita buat sumur resapan yang baik di lingkungan rumah kita, karena itu sangat bermanfaat sekali. Kami akan meminta pihak SDA untuk memberikan edukasi kepada warga cara pembuatannya," paparnya.

Sekadar informasi, lokasi pompa rusak tersebut tersebar di sejumlah wilayah Ibu Kota, seperti Jakarta Barat berada di bawah jalan layang Tomang, Jelambar Borobudur, Kampung Apung, Klingkit Cengkareng, Mangga Raya, serta RW 4 Kembangan Utara.

Kemudian wilayah Jakarta Pusat berada di Cideng, Melati, Industri, dan Jati Pinggir 2, lalu di Jakarta Selatan berada di Pondok Labu, Setiabudi Barat, Setiabudi Timur, Komplek Deplu, serta Komplek Perdatam.

Baca Juga

Banjir Rusak 76 Pompa Air Milik Dinas SDA DKI Jakarta

Sedangkan wilayah Jakarta Timur berada di Bidara Cina, dan depan WTC. Wilayah Jakarta Utara berada di Muara Angke, Pasar Ikan, Waduk Pluit, Jupiter, Pinang, dan Plumpang. (Asp).

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH