Hadapi Persaingan, Pengemudi Taksi Konvensional Berbenah Diri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 25 Oktober 2017
Hadapi Persaingan, Pengemudi Taksi Konvensional Berbenah Diri
Pengemudi taksi konvensional tengah berdiskusi dengan Pemda DIY. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pengemudi taksi konvensional akan berbenah diri. Mereka akan memperbaiki layanan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar tidak kalah bersaing dengan pengemudi taksi online.

Ketua Koperasi Taksi Argo Yogyakarta (Kopetayo) DIY Rudy Sukamtono menjelaskan perbaikan akan dilakukan di sisi standar operasional, standar pelayanan penumpang, kualitas pelayanan pengemudi, dan penanganan keluhan konsumen.

"Kopetayo akan menjadi wadah yang mendorong para pengemudi taksi untuk berbenah diri," ujar Rudy melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Rabu (25/10).

Para pengemudi akan diberi pelatihan bagaimana bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat. Rudy mengakui penumpang sering mengeluhkan kelakuan pengemudi yang kurang ramah dan kadang suka "ngetok" tarif seenaknya.

"Akan ada sertifikasi semua driver. Biar tahu prosedur pelayanan penumpang seperti apa. Jangan sampai ada pengemudi yang 'ketok' harga lagi,"katanya.

Kopetayo juga akan membuka tempat pengaduan penumpang yang mewadahi seluruh perusahaan taksi argometer. Aduan akan diproses dan disampaikan oleh Kopetayo ke managemen perusahaan. Tempat aduan ini penting, sebab belum semua perusahaan taksi konvensional merespons aduan dengan benar.

Ia berharap agar Pemda DIY bisa segera memberlakukan revisi Permenhub soal taksi sewa khusus per 1 November 2017. Pemda juga diminta berlaku adil dengan menindak tegas taksi online yang tak mengikuti aturan. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ribuan Sopir Angkot di Malang Ancam Demo Besar-besaran Tolak Taksi Online

#Taksi #Taksi Online
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan