Hadapi Musim Penghujan, Petugas Pompa Air SDA Diminta Siaga 24 Jam Ilustrasi Banjir di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (6/2). (MP/Asropih)

Merahputih.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf menginstruksikan anak buahnya di rumah pompa untuk siaga 24 jam dalam menghadapi musim penghujan.

Dengan kesiapan petugas rumah pompa di lapangan, segala kemungkinan yang terjadi bisa segera ditanggulangi.

Baca Juga

Jakarta Kebanjiran Lagi, Anies Dianggap Berhasil Pecahkan 'Rekor'

"Kami selalu kontrol sampai dimana kesiapan pompa-pompa maupun petugas di lapangan. Menghadapi musim penghujan ini petugas rumah pompa untuk selalu standby," kata Juaini di Jakarta, Selasa (22/9).

Dinas SDA terus melakukan perawatan rutin terhadap 487 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi agar dapat beroperasi optimal.

Petugas Dinas SDA menguras air dengan menggunakan pompa
Pengurasan banjir yang merendam Perumahan Green Ville, di Jakarta, Sabtu, (4/1/2020). (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Selain itu, ada 133 pompa mobile untuk bantuan jika diperlukan dalam menangani debit air yang tinggi dari guyuran hujan maupun air kiriman.

Hal tersebut dilakukan agar, pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim penghujan.

"Saat ini kami sedang melakukan persiapan-persiapan, memang ada beberapa lokasi yang saat ini kami lakukan pemeliharaan rutin," pungkasnya.

Baca Juga

Banjir Jakarta Karena Pemprov DKI Tak Sigap Hadapi Air Hujan

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas sedang dan lebat mengguyur Jakarta pada Senin (21/9) malam menyebabkan 23 ruas jalan ibu kota tergenang banjir mencapai 10 hingga 100 sentimeter (cm). (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH