Hadapi Musim Hujan, Ribuan Pasukan Oranye Disiagakan Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menyiagakan sebanyak 4.100 pasukan oranye atau pasukan kebersihan sepanjang musim hujan ini.

"Selama musim hujan kali ini, kami siagakan sebanyak 4.100 pasukan oranye yang akan siap sedia menangani sampah-sampah di badan air," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin (18/12).

Menurut dia, ribuan pasukan oranye tersebut telah diberikan instruksi agar selalu siaga setiap hari selama 24 jam, mengingat volume sampah cenderung meningkat di musim hujan.

"Selama musim hujan volume sampah meningkat. Sampah terus ada meskipun sudah dibersihkan. Ribuan pasukan oranye itu kami siagakan terus dengan sistem shift atau bergantian," ujar Isnawa.

Dia menuturkan, ribuan pasukan oranye itu paling banyak ditempatkan di pintu air serta saringan sampah karena sampah paling banyak ditemukan di area-area tersebut.

"Dengan menempatkan banyak pasukan oranye di area-area tersebut diharapkan sampah-sampah langsung bisa ditangani sehingga tidak menghambat aliran air," tutur Isnawa.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pada hari-hari biasa, volume sampah hanya sebanyak 300 ton per hari. Namun, pada musim hujan, volume sampah mengalami peningkatan menjadi 400 ton per hari.

"Selain sampah, selama berlangsungnya musim hujan juga banyak sekali batang pohon yang kerap tersangkut di pintu air maupun saringan sampah. Makanya, kami siagakan pasukan oranye di lokasi-lokasi itu," ungkap Isnawa. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH