Hadapi Musim Hujan dan Potensi Banjir, Dinas SDA Keruk 5 Waduk di Jakarta Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah melakukan upaya preventif menghadapi musim penghujan dengan melakukan pengerukan 5 waduk di Jakarta.

Kelima waduk yang dikeruk antara lain, Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Teluk Gong, Waduk BPP Poncol, dan Embung Cendrawasih.

Baca Juga:

Juaini Janji Akan Buat Gebrakan Baru di Dinas SDA

"Kita lakukam pengerukan 5 waduk yang berada di Jakarta," kata Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf saat konfrensi pers kesiapan menghadapi musim penghujan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Pengerukan Waduk Pluit di Jakarta Utara
Pengerukan lumpur dan enceng gondok di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara (Foto: antaranews)

Bahkan untuk mengatasi banjir yang rutin mengepung Ibu Kota, lanjut Juaini, Dinas SDA membangun waduk di 10 lokasi.

Adapun lokasi waduk itu yakni Waduk Cilangkap Giri Kencana, Waduk Cimanggis, Waduk Kp. Rambutan 1 dan 2, Waduk Pondok Rangon, Waduk Pekayon, Situ Rawa Minyak, Embung Lapangan Merah, Embung Semper Barat Cilincing, dan Embung Cakung Timur.

"Kita harapkan ketika musim hujan datang, kapasitas waduk dapat kita tingkatkan. Begitu juga salah satu upaya kita yang telah kita laksanakan sejak bulan Juli," paparnya.

Tak hanya itu, Juaini mengklaim, pihaknya juga telah melakukan kegiatan pemeriksaan pompa sekitar 400 pompa yang tersebar di Jakarta. Dinas SDA pun sejak jauh-jauh hari menyiapkan Pompa air stasioner maupun pompa air mobile menghadapu musim hujan.

Baca Juga:

Genangan Air di Jakarta, Kepala Dinas SDA Salahkan LRT dan MRT

"Mudah-mudahan di kesempatan ketika hujan tibak ita telah siap membawa pompa-pompa itu ke tempat-tempat yang telah kita siapkan," tutur dia.

"Kita juga telah melakukan persiapan dengan jumlah petugas sekitar 7800 petugas yang selama ini bertugas di masing-masing pompa, maupun satgas-satgas," pungkasnya.(Asp)

Baca Juga:

Jelang Musim Penghujan, Dinas SDA Lakukan Pengecekan Pompa Air yang Rusak

Kredit : asropihs


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH