Hadapi Liburan Panjang, KAI Daop 6 Tambah 12 Perjalanan KA

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 28 Oktober 2020
Hadapi Liburan Panjang, KAI Daop 6 Tambah 12 Perjalanan KA
Penumpang Kereta Api. (Foto: Teresa Ika/ Yogyakarta).

MerahPutih.com - Menghadapi liburan panjang Maulid Nabi Muhammad, KAI Daerah Operational (Daop) 6 Yogyakarta - Solo menambah 12 Perjalanan KA. Penambahan ini dilakukan karena adanya peningkatan jumlah penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan, 12 perjalanan ini khusus untuk KA jarak jauh yang berangkat dari stasiun di wilayah DAOP 6.

"Kami tambah 12 perjalanan KA jarak jauh memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat pada liburan periode 28 Oktober 2020 sampai 1 November 2020, "ujar Eko di Yogyakarta, Rabu (28/10).

Baca Juga:

Masuki Libur Panjang, Kasus Positif COVID-19 Tembus 400 Ribu

Adapun 12 Kereta Api jarak jauh yang akan beroperasi dari wilayah Daop 6 Yogyakarta antara lain; Kereta Api Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Kereta Api Sritanjung.

Disamping itu, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta juga mengoperasikan 4 Perjalanan KA Bandara YIA untuk memfasilitasi penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta maupun Stasiun Kebumen.

“Dari Stasiun Besar Yogyakarta dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Kebumen, dan dari Stasiun Kebumen dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Yogyakarta untuk mengakomodir masyarakat yang memanfaatkan penerbangan dari YIA,” jelas Eko.

Penumpang Kereta Api di Yogyakarta. (Foto: Teresa Ika/Yogyakarta).
Penumpang Kereta Api di Yogyakarta. (Foto: Teresa Ika/Yogyakarta).

Adapula berbagai Kereta Api lain yang juga melintas di wilayah Daop 6 dan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian menuju ke berbagai kota tujuan antara lain; KA lokal Prameks, Kereta Api Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, Wijaya Kusuma.

Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

"Pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan),"tegasnya.

PT KAI menyediakan layanan rapid test di 2 Stasiun, yaitu Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan. Dan menghimbau agar para calon penumpang melakukan rapid test 1 hari sebelum keberangkatan untuk mencegah antrian.

Pantauan merahputih.com keramaian penumpang yang naik dan turun di staisun Tugu Yogyakarta mulai terlihat sejak Selasa (27/10). (Teresa Ika/Yogyakarta).

Baca Juga:

Polda Metro Jaya Lakukan Pengamanan Libur 'Long Weekend' Hingga Cikampek

#Libur Panjang #PT KAI #Kereta Api #Cuti Bersama
Bagikan
Bagikan