Hadapi Libur Natal-Tahun Baru, Jasa Marga Siapkan Opsi Pembatasan Angkutan Logistik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 30 November 2023
Hadapi Libur Natal-Tahun Baru, Jasa Marga Siapkan Opsi Pembatasan Angkutan Logistik
Ilustrasi- (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

MerahPutih.com - Musim libur Natal dan Tahun Baru 2024 makin dekat. Tingginya mobilitas masyarakat menjadi salah satu yang harus diantisipasi pihak terkait.

PT Jasa Marga tengah melakukan persiapan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Diprediksi, mobilisasi warga tinggi dibandingkan tahun 2022 lalu.

Baca Juga:

Sambut Tahun Baru, IKEA Gelar Year End Sale 2023

"(Kepadatan libur Natal-Tahun Baru), tapi masih di bawah Lebaran gitu," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana di Jakarta, Kamis (30/11).

Menurut Lisye, Jasa Marga saat ini masih mengevaluasi data seperti saat momen libur Lebaran.

"Yang sudah pasti kami mengevaluasi langkah-langkah yang sudah kita lakukan pada saat Lebaran kemarin. Seperti adanya rekayasa lalu lintas," jelas dia.

Hal ini untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil pada saat Natal-Tahun Baru, salah satunya rekayasa lalin.

"Apakah kita lakukan contraflow, apakah harus one way, apakah harus pembatasan angkutan logistik, nah ini masih dalam diskusi," tuturnya.

Baca Juga:

Pengelola Jalan Tol Diharapkan Berikan Diskon Saat Natal dan Tahun Baru

Lisye mengungkapkan Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kemenhub dan Korlantas Polri, serta Kementerian PUPR. Dia ingin memastikan kebutuhan selama libur Natal-Tahun Baru.

Lisye menyebut, terkait rekayasa lalu lintas dan persiapan Jasa Marga Jelang Nataru akan dilakukan pada kick-off tanggal 14-15 Desember.

"Kurang lebih indikator dan pakem-pakemnya masih sama seperti Lebaran. Cuma yang bisa disampaikan adalah mobilisasinya ini masih di bawah Lebaran kemarin gitu ya. Jadi mudah-mudahan tidak perlu sampai ada one way gitu ya," tukasnya.

Adapun, pergerakan orang pada Nataru 2023/2024 diprediksi naik sebesar 5 persen mengacu dari realisasi angkutan Lebaran 2023.

Dengan begitu, penumpang diperkirakan mencapai 904.496 orang, roda dua 52.755 unit, roda empat 98.267 unit, bus 12.157 unit, dan truk 55.569 unit. (Knu)

Baca Juga:

75 Ribu Tiket Kereta Api Ludes Terjual untuk Libur Natal dan Tahun Baru

#PT Jasa Marga #Tahun Baru #Libur Natal
Bagikan
Bagikan