Hadapi Hujan Ekstrem, Pemprov DKI Kerahkan Petugas dan Pompa Mobile Ilustrasi hujan. Foto: Pixabay

MerahPutih.com - Wilayah DKI Jakarta kembali banjir setelah diguyur hujan lebat sejak Sabtu (22/2) malam hingga Minggu (23/2) dini hari WIB.

Berdasarkan sebaran peta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan yang terjadi dikategorikan curah hujan ekstrim lebih dari 150mm per hari terjadi pada 5 stasiun, yaitu Pintu Air Pulo Gadung 241 mm, Manggarai 228 mm, Arg Kelapa Gading 184 mm, Pulomas 182 mm dan Setiabudi Timur 154 mm.

Baca Juga

Banjir Jakarta Karena Pemprov DKI Tak Sigap Hadapi Air Hujan

Menghadapi hujan yang ekstrim Pemprov DKI mengerahkan petugas da melalui Satgas Dinas Sumber Daya Air, Satgas Dinas Bina Marga, BPBD, dan PPSU Kelurahan, mengerahkan pompa mobile.

Angin
Ilustrasi Hujan deras disertai angin kencang. Foto: Net

"Membersihkan dan melancarkan tali air, membersihkan sampah maupun lumpur di saluran air, agar genangan cepat surut, baik itu di ruas jalan hingga kawasan permukiman," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo di Jakarta, Minggu (23/2) malam.

Baca Juga

Jakarta Kebanjiran Lagi, Anies Dianggap Berhasil Pecahkan 'Rekor'

Lanjut dia, pihaknya juga menyiagakan petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Kelurahan, Kecamatan, dan Puskesmas untuk berjaga terhadap kondisi warga terdampak banjir kemarin dengan menyiapkan lokasi pengungsian, serta menyiapkan kebutuhan logistik dan kesehatan yang dibutuhkan.

Pemprov DKI Jakarta juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu bersiaga dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi di bulan Februari dan Maret.

Baca Juga

Pemprov DKI: Penyebab RSCM Terendam Banjir Karena Luapan Air Sungai

"Berhati-hati dengan bahaya sengatan listrik dan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan selama musim penghujan," tutupnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH