Kesehatan

Hadapi Cuaca Panas yang Ekstrem dengan Tepat

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 03 November 2019
Hadapi Cuaca Panas yang Ekstrem dengan Tepat
Saat cuaca panas, penting untuk tetap menjaga kesehatan. (foto: omegavia)

BELAKANGAN ini cuaca panas yang ekstrem melanda beberapa wilayah di Indonesia. Akibatnya, aktivitas terganggu karena membuat tubuh menjadi mudah gerah dan lelah. Keringat yang muncul akan membuat tubuh basah, terasa lengket, dan berbau tidak sedap. Fenomena cuaca panas seperti itu merupakan hal yang biasa terjadi ketika musim kemarau dan pancaroba tiba.

Meski sejumlah warganet bisa memanfaatkan cuaca panas yang esktrem ini dengan cara yang menggelengkan kepala, seperti memasak telur atau kerupuk, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan di saat cuaca panas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima cara menghadapi cuaca panas yang esktrem.

BACA JUGA: Dobel Manfaat Berenang di Cuaca Panas

1. Banyak minum air putih

drink
Banyaklah minum air putih untuk melepas dahaga. (foto: bottoms uptan)


Cuaca panas memang membuat tubuh kita merasa dehidrasi yang kemudian berujung haus. Oleh karenanya, kamu harus banyak minum air putih agar melepaskan rasa dahaga. Kamu disarankan untuk mengosumsui air putih 2 hingga 3 jam sekali dengan jumlah total 2 liter per hari.

Dengan begitu, tubuhmu menjadi lebih segar dan tidak muncul keringat yang berlebih. Hindari minuman beralkohol dan berkafein.

2. Menggunakan pakaian yang longgar

cuaca panas
Hindari pakaian yang ketat. (foto: independent.ie)

Menggunakan pakaian yang longgar membuat udara masuk lebih banyak sehingga tidak menghasilkan keringat yang berlebih. Dengan begitu, suhu tubuhmu akan normal meski cuaca diluar sedang tidak baik. Kamu juga bisa mengenakan pakaian berbahan dasar kapas agar tubuhu terasa lebih sejuk.

3. Konsumsi buah-buahan

cuaca panas
Jeruk jadi pilihan pas saat cuaca panas. (foto: pixabay/pixel 2013)


Selain mengonsumsi air putih, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air dan vitamin C. Mengosumsi buah akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan mengurangi rasa gerah. Buah yang bisa kamu konsumsi adalah apel, pir, anggur, nanas, semangka, jeruk, hingga melon. Hindari makanan seperti gorengan, fast food, dan sea food. Yuk, jangan malas makan buah!

4. Istirahat yang cukup

cuaca panas
Istirahat untuk menghindari sengatan panas. (foto: firstbeat)


Jika kamu memiliki waktu luang atau sedang tidak ada sesuatu yang dikerjakan, sebisa mungkin istirahat di rumah. Kamu bisa beristirahat menggunakan AC dan jauhi kontak langsung dengan cahaya matahari. Jangan memaksakan diri apalagi disaat tubuhmu terasa lemas. Jika terpaksa harus ke luar rumah jangan lupa untuk gunakan pelindung tubuh seperti paying, jaket, atau topi.

5. Gunakan pelindung tubuh

cuaca panac
Sunblock wajib saat berada di luar ruang. (foto: express)


Cuaca panas tentu akan membuat kulit kita menjad kering dan menghitam. Oleh karena itu, jika kamu sedang beraktivitas diluar ruangan, disarankan untuk memakan pelindung tubuh seperti krim pelembap. Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya kulit yang menghitam. Kamu bisa menggunakannya pada area wajah, kaki, leher, dan tangan. (And)

BACA JUGA: Tetap Kece Saat Cuaca Panas, Warna Cerah Oke Banget!

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan