Habiskan Stok Moderna, Relawan Disuntik Vaksin Penguat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 08 Desember 2021
Habiskan Stok Moderna, Relawan Disuntik Vaksin Penguat
Vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

MerahPutih.com - Memberikan kekebalan kepada kelompok yang ikut terlibat langsung dalam penanganan pandemi, para relawan di Yogyakarta mendapatkan suntikan dosis ke-3 vaksin COVID-19. Tercatat, sebanyak 1.000 tenaga pendukung atau relawan penanganan COVID-19 di Kota Yogyakarta mendapat suntikan penguat (booster).

Para relawan ini, disuntik dari sisa vaksin moderna yang telah diberikan pada tenaga kesehatan. Rencananya, jumlah relawan yang divaksin penguat akan disesuaikan dengan persediaan vaksin Moderna yang dimiliki.

Baca Juga:

BNPT Gencarkan Vaksinasi Lawan Radikalisme

"Untuk saat ini, menghabiskan dulu stok yang ada. Jika ada tambahan vaksin Moderna yang datang, maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah jumlah sasaran vaksinasi penguat," ujar Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa (7/12)

Ia mengatakan, relawan dan tenaga pendukung yang mendapat vaksinasi penguat adalah mereka yang selama ini terlibat langsung dalam proses pemulasaraan jenazah, pemakaman cepat untuk pasien terkonfirmasi COVID-19, hingga pengelolaan lingkungan.

"Relawan yang terlibat di sentra vaksinasi pun kami berikan vaksinasi penguat," katanya.

Kebijakan pemberian vaksinasi penguat untuk relawan tersebut, lanjut dia, juga sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait dan dipastikan sudah mendapat izin dari pemerintah daerah.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)
Vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

"Bagaimanapun juga, tugas para relawan dan tenaga pendukung ini berkaitan langsung dengan penanganan pandemi. Risiko terpapar pun cukup besar sehingga pemberian vaksinasi penguat dirasa sangat diperlukan," katanya.

Sementara rencana pemberian vaksinasi penguat untuk masyarakat umum, Heroe menyebut belum menerima informasi apapun.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta Tri Kusumo Bawono mengatakan, pemberian vaksinasi penguat juga sudah dilakukan kepada 26 tenaga pendamping dan penjangkau untuk pasien HIV/AIDS. Pemberian vaksinasi diharapkan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga seluruh tenaga penjangkau tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik.

Pada Desember, Kota Yogyakarta menargetkan mampu menyelesaikan pemberian vaksinasi dosis kedua untuk seluruh masyarakat. (Patricia Vicka / Yogyakarta)

Baca Juga:

Satgas COVID-19: Vaksinasi Bukan Satu-satunya Upaya Cegah Varian Omicron

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19
Bagikan
Bagikan