Habis Jumatan, Kedubes Tiongkok Digeruduk FPI Dkk Ketua FPI, Sobri Lubis. Foto: Net

Merahputih.com - Front Pembela Islam (FPI) bersama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana akan menggelar aksi Bela Uighur di depan Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta.

"Betul, akan diadakan aksi unjuk rasa. Sebagaimana flyer (selebaran) yang telah beredar," kata Ketua Umum FPI, Sobri Lubis saat dihubungi wartawan, Jumat (27/12).

Baca Juga

Protes Penindasan Muslim Uighur, Ribuan Umat Islam Kepung Kedubes Tiongkok Siang Ini

Menurut Sobri Lubis, aksi unjuk rasa elemen islam tersebut akan dilaksanakan sesudah ibadah solat Jumat sekitar pukul 13.00 WIB. "Insyaallah nanti siang pukul 13.00 WIB," tambahnya.

Aksi tersebut digelar sebagai bentuk solidaritas atau respon atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) oleh Pemerintah Tiongkok terhadap etnis muslim Uighur di Xinjiang.

Aksi peduli uighur (net)

Tak hanya itu, Sobri menuturkan, pihaknya menggelar aksi karena menerima informasi bahwa etnis Uighur di Tiongkok dilarang memiliki dan membaca Alquran. Pemerintah Tiongkok, lanjutnya, juga mewajibkan etnis Uighur mengikuti kamp re-edukasi.

"Dan dijebloskan ke dalam kamp re-edukasi yang menurut beberapa laporan LSM HAM internasional justru tempat di mana banyak penyiksaan serta pelecehan seksual terjadi," tutur Sobri.

Sementra itu, Ketua PA 212 Slamet Maarif mengklaim bahwa aksi ini akan dihadiri sekitar 10 ribu massa. Selain anggota ormas Islam, Slamet juga mengatakan aksi akan dihadiri oleh santri, ulama, dan habaib.

Baca Juga

Dugaan Pelanggaran HAM Etnis Uighur, Pemerintah Indonesia Diminta Tak Diam Saja

Seperti diketahui, tersebar poster di kalangan masyarakat berupa informasi mengenai Aksi Peduli Muslim Uyghur. Terlihat juga ada sejumlah logo ormas islam yang ada di poster tersebut.

Poster tersebut terpapang jelas tulisan Kepung Kedubes Cina pada Jumat 27 Desember 2019 jam 13.00 (sholat jumat di masjid sekitar kedubes cina). (Asp)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH