Habibie Dimakamkan Pukul 14.00 WIB, Jokowi Inspektur Upacara Jenazah Presiden Ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie tiba di rumah duka jalan Patra Kuningan VIII, Jakarta Selatan, Rabu, (11/9/2019). (merahputih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara pemakaman kenegaraan Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie, di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, siang nanti.

"Presiden bertindak selaku inspektur upacara dalam penghormatan terakhir kepada BJ Habibie yang akan dilaksanakan pada Kamis sekitar pukul 14:00 WIB," demikian keterangan tertulis Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, Kamis (12/9).

Baca Juga:

Ini Rute Iring-iringan Jenazah BJ Habibie Menuju TMP Kalibata

Presiden Jokowi dan BJ Habibie beberapa waktu lalu
Foto kenangan Presiden Jokowi dan BJ Habibie. (Foto: Twitter/@jokowi)

Berdasarkan keterangan anggota pengamanan objek vital kediaman Presiden Ke-3 RI, Aiptu Suryono, dikutip Antara, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga akan turut hadir dalam upacara penghormatan terakhir.

Baca Juga

BJ Habibie Wafat, Pemerintah Korea Selatan dan Selandia Baru Sampaikan Duka Cita

Jenazah Habibie, yang lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936 silam itu disemayamkan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah di rumah duka akan dipimpin Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (purn) Agum Gumelar pukul 12:30 WIB.

TMP Kalibata
TMP Kalibata tempat BJ Habibie dimakamkan (Foto: Setneg.go.id)

Rombongan kereta jenazah pengangkut jasad BJ Habibie akan diberangkatkan menuju TMPN Kalibata pada pukul 13:00 WIB. Mantan presiden yang akrab disapa Rudy itu akan dimakamkan di sebelah pusara mendiang istrinya, Ibu Ainun Habibie, yang menempati slot 120-121 di TMPN Kalibata.

Kemarin malam, BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun pukul 18:05 WIB. Almarhum telah dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sejak Minggu (8/9). (*)

Baca Juga:

BJ Habibie Layak Dapatkan Nobel


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH