Habib Rizieq Pengin Pulang, Asal… Habib Rizieq Shihab. (MerahPutih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih - Pengacara Habib Rizieq Shihab Eggy Sudjana mengatakan bahwa kliennya itu berkeingin untuk segera pulang ke Indonesia. Namun, Rizieq mengajukan syarat kepada kepolisian, yakni dia tidak ditangkap dalam kasus Chat Mesum.

"Habib dengan sadar mau pulang kalau datang tidak ditangkap. Dia berjanji tidak akan terjadi kerusuhan dan hal-hal lain," kata Eggy Sudjana di Pengadilan Negri Jakarta Selatan, Kamis (14/9).

Untuk itu, Eggy meminta, kepada Presiden Joko Widodo untuk memerintahkan kepolisian tidak menahan Habib Rizieq dan menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Menurut Eggy, jika Rizieq ditangkap, kliennya tidak itu akan mampu mencegah daya radikalisme para pengikutnya. Belum lagi jika ada pihak-pihak lain yang mendompleng situasi itu. “Jadi garansinya presiden," ungkapnya.

Eggy pun berharap, agar Presiden Jokowi bisa segera mengkondisikan Indonesia terkait kepulangan pentolan FPI itu. "Kalau Presiden mengatakan silakan Habib Rizieq pulang, maka semua dalam kondisi aman. Karena Presiden adalah Panglima tertinggi dari TNI dan Polri. Jadi dia berhak katakan keadaan itu," pungkasnya. (asp)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH