Habib Rizieq Ingin Pulang, Tapi.. Habib Rizieq Shihab. (MP/Widi Hatmoko)

MerahPutih.com - Pengacara Imam Besar FPi Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro menyebut kliennya ingin kembali ke Indonesia. Namun, Rizieq selalu menemui hambatan untuk pulang.

"Jauh-jauh hari (ingin ke Indonesia). Untuk sidang habib saja, menyelesaikan sidang disertasi ke Malaysia, itu tidak bisa. Sampai sekarang tidak bisa," ucap Sugito kepada wartawan, Jumat (12/7).

Rizieq pernah mengajukan keluar dari Arab Saudi ke Malaysia untuk menyelesaikan disertasinya pada 17 Juli 2018. Permintaan itu diajukan sebelum izin tinggal Rizieq berakhir pada 20 Juli 2018.

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. (MP/Fadhli)
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. (MP/Fadhli)

Baca Juga: Kapolri Bantah Perintahkan Anggotanya Tembak Mati Habib Rizieq

"Beliau overstay tanggal 20 Juli 2018, sebelum itu sudah mencoba untuk keluar Saudi tiga kali, tapi tidak bisa. Setelah itu baru overstay. Seingat saya mau sidang tertutup di Malaya University tanggal 17 Juli, sebelum overstay," ucapnya.

Sugito heran dengan narasi pihak tertentu yang menyebut kliennya mendapatkan persoalan overstay di Arab Saudi. Sebab, kata dia, izin tinggal Rizieq sudah berakhir sejak 20 Juli 2018 tetapi narasi overstay kembali dibangkitkan.

Menurut Sugito, pihak Habib Rizieq selalu berupaya memperpanjang izin tinggal. Namun, keinginan itu terganjal karena Rizieq tidak bisa keluar Arab Saudi untuk sekadar mengurus izin.

Sugito mengatakan, pihak imigrasi di Arab Saudi diduga melakukan upaya-upaya pencegahan maupun pencekalan Riziq Shihab secara sistematis untuk keluar dari negara tersebut.

“Kendalanya dicekal, itu kalau orang overstay ditahan oleh pihak imigrasi kemudian ditahan untuk membayar denda setelah membayar denda maka dideportasi, ini seperti ada seseorang yang menunggangi ini,” jelasnya.

“Bukan karena kesalahan Habib Rizieq, ini karena dicekal, habib juga tidak overstay, kalau memang overstay, pihak keimigrasian tahu tanggal 20 Juli berakhir, dimintai keterangan atau ditahan, untuk membayar denda kemudian dideportasi, tidak ditahan, bayar denda dan dideportasi,” tutupnya. (Knu)

Baca Juga: Habib Rizieq Tolak Bertemu Jokowi di Arab Saudi


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH