Rizieq Shihab Diperiksa Polisi Arab Saudi, PKB: Kalau Ada Yang Demo Nggak Nyambung Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). (MP/Dery Ridwansyah)

Merahputih.com - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding mengimbau umat Islam di Indonesia tidak terlalu reaktif menyikapi pemeriksaan Rizieq Shihab oleh otoritas keamanan Arab Saudi.

Dia mengajak umat Islam tidak melakukan demonstrasi turun ke jalan menyikapi masalah tersebut. Karena menurutnya, perkara Rizieq tidak ada kaitannya dengan persoalan dalam negeri.

"Itu urusan dalam negeri kerajaan Arab. Akan menjadi aneh kalau dihubungkan dengan Indonesia," kata Karding kepada awak media di Jakarta, Kamis (8/11).

Dia pun menilai, jika ada yang melakukan aksi turun ke jalan, maka itu sesungguhnya salah sasaran dan tidak ada hubungannya. "Kalau ada yang demo di indonesia itu tentu judulnya salah sambung karena engga ada hubungannya, sama sekali engga ada hubungannya," ucap Karding.

rizieq
Rizieq Shihab (MP/Rizki Fitrianto)

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf itu juga menyarankan agar publik tanah air khususnya pendukung Rizieq menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kementerian Luar Negeri untuk mendampingi kasus tersebut.

"Yang benar justru pemerintah indonesia lewat kedutaan arab saudi melakukan upaya pendampingan dan komunikasi dengan pemerintahan atau pihak berwenang di kerajaan arab agar HRS ditangani dan syukur-syukur diberi kemudahan dalam penanganan," jelasnya.

Sebelumnya, Kedutaan RI untuk Arab Saudi telah mengkonfirmasi pemeriksaan Habib Rizieq Shihab oleh otoritas keamanan negara kerajaan itu. Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Miftah mengungkapkan bahwa pemeriksaan tersebut terkait dengan laporan warga setempat yang melihat bendera mirip ISIS yang terpampang di kediaman HRS di Arab Saudi.

Dalam pemeriksaan itu, HRS sempat ditahan beberapa jam sebelum dilakukan pembebasan dengan jaminan. (Fdi)

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH