Habib Rizieq Diperiksa Intelijen Arab Saudi, Begini Reaksi Polri Habib Rizieq Shihab

MerahPutih.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) lepas tangan terkait pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab oleh intelejen Arab Saudi.

Rizieq diperiksa karena memasang bendera berkalimat Tauhid di kediamannya di Mekkah. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, pentolan gerakan 212 itu akhir dibebaskan dengan jaminan dari KJRI Jeddah.

Melihat kasus tersebut, Polri tak dapat mengambil tindakan apapun. Sebab, yang berhak menangani terhadap pemeriksaan Rizieq itu, adalah tugas Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI).

Habib Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). (MP/Dery Ridwansyah)

"Itu domain Kemenlu yang paling mengetahui apa yang terjadi terhadap Warga Negara Indonesia yang melakukan perbuatan pidana, atau apapun di suatu negara," kata Karopenmas Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Pol, Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/11).

Polri, kata Dedi, tak dapat mencampuri urusan hukum di luar negeri, meski yang terlibat kasus hukum itu adalah warga negara Indonesia (WNI). Pasalnya, yang dapat mengambil langkah dalam kasus pemeriksaan Rizieq di Arab Saudi tersebut adalah pihak Kementerian Luar Negeri

"Kemenlu yang paling dominan, yang paling berkompeten untuk itu, yang mengassessment sebenarnya Kemenlu. Tentunya akan ikut berkoordinasi dengan pihak sana," tambahnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mendengar kabar pemanggilan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) oleh aparat keamanan di Mekkah sejak Senin (5/11) lalu. Menlu Retno Marsudi juga telah melakukan komunikasi untuk memastikan informasi tersebut.

Habib Rizieq berorasi saat Aksi 212 jilid II. (MP/Dery Ridwansah)

"Diketahui adanya pemasangan bendera hitam yang mengarah pada ciri-ciri gerakan ekstremis pada dinding bagian belakang rumah MRS. Pada saat tersebut, sempat dilakukan pemeriksaan singkat terhadap MRS oleh kepolisian Mekah," tutur Maftuh melalui keterangan tertulisnya, Rabu (7/11).

Berita ini merupakan laporan Gomes Roberto, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya. Baca juga berita terkait dalam artikel: Habib Rizieq 24 Jam Diperiksa Intelijen Saudi, Bebas Dijamin KJRI


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH