Habib Rizieq Baru Umbar Surat Pencekalan karena Tak Ingin Terjadi Konflik Indonesia-Arab Saudi Rizieq saat datang ke gelar perkara dugaan kasus penistaan agama Ahok di Rupatama Mabes Polri, Selasa (15/11). (MP/Dery Ridwansah)

Merahputih.com - Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) KH Shobri Lubis mengungkap alasan Habib Rizieq Shihab baru membeberkan alasan pencekalan dirinya sekarang. Salah satunya karena alasan keamanan.

Shobri mengatakan, Rizieq tak ingin negara menjadi gaduh.

Baca Juga:

Rizieq 'Pamer' Surat Pencekalan di Medsos, Mahfud: Coba Kirim ke Saya

"Selama ini HRS berusaha menjaga hubungan kedua negara dan martabat Indonesia. HRS mencoba menjaga eksistensi bangsa," kata Shobri di markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Foto: Screenshot video FrontTV
Foto: Screenshot video FrontTV

Sementara, Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Ustaz Slamet Ma'arif mengatakan, surat tersebut sudah lama.

"Surat tersebut (surat pencekalan) sudah lama ada, namun selama ini Habib Rizieq menjaga martabat negara Indonesia dalam hubungan dengan pihak Kerajaan Saudi," kata Slamet Ma'arif.

Slamet pun membantah informasi yang menyebut Rizieq Shihab tidak berani kembali ke Indonesia.

"Habib Rizieq bukan tidak berani pulang, akan tetapi kepulangan beliau terhalang oleh hambatan yang bersifat politis, bersumber dari pihak Indonesia," katanya.

Baca Juga:

Imigrasi Belum Terima Surat Cekal Rizieq Shihab

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD memastikan tidak ada surat cegah atau tangkal terhadap Rizieq Shihab yang dikeluarkan pemerintah.

Habib Rizieq Shihab saat mendatangi gedung Kementerian Pertanian Jakarta, Selasa (28/02). (MP/Dery Ridwansah)
Habib Rizieq Shihab saat mendatangi gedung Kementerian Pertanian Jakarta, Selasa (28/02). (MP/Dery Ridwansah)

Mahfud MD pun meminta Rizieq mengirimkan surat yang dinyatakan sebagai "surat pencekalan" itu. Dia ingin memeriksa langsung keaslian surat yang dinyatakan Rizieq sebagai surat cegah atau tangkal resmi dari Pemerintah Indonesia.

"Saya tidak tahu itu suratnya, suruh kirim ke sayalah. Kok hanya di TV begitu," kata Mahfud.

"Saya ingin tahu itu surat benar? Apa surat resmi atau berita koran atau apa, kan begitu? Cuma dibeginikan (diperlihatkan) di medsos. Coba suruh kirim copy-nya ke saya, saya ingin tahu," tutur Mahfud MD. (Knu)

Baca Juga:

Pamer Surat Cekal, Habib Rizieq Disindir Goreng Isu Basi



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH