Habib Rizieq 24 Jam Diperiksa Intelijen Saudi, Bebas Dijamin KJRI Habib Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). (MP/Dery Ridwansyah)

MerahPutih.com - Pentolan FPI Rizieq Shihab ternyata sempat ditahan aparat Arab Saudi disebabkan pemasangan bendera hitam yang mengarah pada ciri-ciri gerakan ekstremis. Bendera itu terpasang pada dinding bagian belakang rumah yang ditinggali Rizieq di Mekkah.

"Bahwa Arab Saudi sangat melarang keras segala bentuk jargon, label, atribut dan lambang apapun yang berbau terorisme seperti ISIS, Al-Qaedah, Al-Jama’ah al-Islamiyyah dan segala kegiatan yang berbau terorisme dan ekstrimisme," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (7/11).

dubes
Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel (kiri). Foto: Setkab

Menurut Dubes, aparat kepolisian Arab Saudi menahan Rizieq pada Senin (5/11) lalu, pukul 16.00 waktu setempat. Hampir sehari semalam Rizieq menjalani pemeriksaan di Kantor Mabahis ‘Aamah atau intelijen umum.

Besoknya, Rizieq diserahkan kepada Kepolisian Sektor Mansyuriah Kota Mekkah pada hari Selasa (6/11) sekira pukul 16.00 waktu setempat. Dubes Agus pun segera memerintahkan Diplomat Pasukan Khusus yang merupakan gugus tugas reaksi cepat untuk berangkat ke Mekkah dan memberikan pendampingan hukum untuk Rizieq.

rizieq
Rizieq Shihab usai jadi saksi ahli agama Islam di sidang Ahok saban waktu lalu (MP/Fadhli)

Dari tim lapangan, Agus mendapat informasi perkara yang dituduhkan terhadap Rizieq terkait keamanan Kerajaan Arab Saudi. "Jika ini yang dituduhkan maka lembaga yang akan menangani adalah lembaga super body Saudi yang ada di bawah Raja yang dikenal dengan Riasah Amni ad-Daulah atau Presidency of State Security," tutur dubes.

Untung saja, Tim Kementerian Luar Negeri berhasil membebaskan Rizieq dari tahanan lewat lobi dan komunikasi intens dengan pihak Arab Saudi Selasa malam itu juga. "Malam harinya pukul 20.00, dengan didampingi staf KJRI Jeddah, Rizieq dikeluarkan dari tahanan kepolisian Mekkah dengan jaminan," tandas Dubes Agus. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH