H-1 Ramadan, Terjadi Lonjakan Penumpang di Terminal Tirtonadi Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 12 April 2021
H-1 Ramadan, Terjadi Lonjakan Penumpang di Terminal Tirtonadi Solo
Penumpang Terminal Tirtonadi jalani tes Genose C19 untuk mencegah penularan COVID-19, Senin (12/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi mendeteksi adanya peningkatan penumpang yang masuk terminal pada H-1 Ramadan. Namun demikian, peningkatan penumpang tersebut lebih disebabkan karena adanya kegiatan masyarakat dalam rangka liburan dan kunjungan pada kerabat.

Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengatakan, jelang Ramadhan ada peningkatan penumpang masuk di Terminal Tirtonadi. Peningkatannya sekitar 2 persen sampai 3 persen dibandingkan hari biasa.

Baca Juga

Pemerintah Larang Mudik, Organda Solo Menjerit dan Minta Bantuan Stimulus

"Peningkatan penumpang ini lebih banyak pada masyarakat dalam rangka liburan dan kunjungan pada kerabat dari luar provinsi," ujar Joko, Senin (12/4).

Dikatakannya, untuk tujuan mudik belum terdeteksi. Namun demikian, ia tetap melakukan antisipasi dengan memberlakukan tes kesehatan Covid-19 menggunakan GeNose C19 pada penumpang secara gratis.

"Penumpang bus AKAP yang turun di Terminal Tirtonadi kita minta tes GeNose C19 secara acak," kata dia.

Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto, Senin (12/4). (MP/Ismail)
Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto, Senin (12/4). (MP/Ismail)

Ia mengatakan total sehari ada sebanyak 10 orang penumpang yang harus menjalani tes GeNose C19 secara acak. Alhasil, hasilnya negatif semua.

"Tes GeNose C19 secara acak berlangsung dimulai hari ini (Senin) sampai arus balik Lebaran selesai," kata dia.

Disinggung terkait antisipasi adanya pemudik duluan sebelum diberlakukan larangan mudik 6-7 Mei, ia menegaskan akan memperketat bus AKAP masuk dan keluar di terminal.

Kalau ada yang nekat mudik akan dikoordinasikan dengan Gugus Tugas COVID-19 Pemkot Solo dan Polresta Surakarta.

"Jika diberlakukan karantina bagi yang nekat mudik dari Terminal Tirtonadi kita angkut gunakan bus untuk diantarkan ke rumah karantina," tandasnya.

Seorang penumpang Sri Mulyani (45) warga Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, mengaku baru datang naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Lampung. Setibanya di terminal didatangi petugas untuk dilakukan tes Genose C19.

"Alhamdulilah hasil tes GeNose C19 negatif. Saya habis dari tempat saudara di Lampung pulang ke Sragen," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Polisi Mulai Cegah Warga Jakarta Mudik ke Luar Kota

#Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan