H-1 Mesjid Istiqlal Akan Bagikan Zakat Fitrah Ilustrasi penyaluran zakat (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

MerahPutih.Com - Pengelola Mesjid Istiqlal Jakarta akan membagikan zakat fitrah kepada kaum dhuafa H-1 tepatnya hari Kamis pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"InsyaAllah kalau pemerintah menetapkan 1 syawal itu hari Jumat itu pembagian zakat fitrahnya besok malam berarti H-1 lebaran," kata Kepala bagian Protokol dan Pelayanan Wisata Masjid Istiqlal Abu Hurairah kepada wartawan, Rabu (13/6).

Abu mengungkapkan, untuk zakat saat ini pada Idul Fitri 1439 Hijriah sudah terkumpul hampir sekitar Rp200 juta dalam bentuk uang.

Takar zakat fitrah
Siswa menakar dan mengemas beras untuk zakat fitrah (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

"Kalau dalam bentuk beras sedikit sekali ya rata-rata hampir 99,9 persen masyarakat membayar dengan uang. Uang itu nanti diberaskan. Satu orang nanti mendapatkan empat kilogram. Kami terima 3,5 liter tapi dalam bentuk uang, nanti dijadikan beras satu orang dapat empat kilogram," tuturnya.

Lebih lanjut, Abu menuturkan, penerima zakat bisa langsung datang ke Istiqlal tidak perlu diundang karena sudah menjadi tradisi di Masjid Istiqlal setiap malam lebaran membagikan zakat fitrah.

"Dibagikan insyaallah malam takbiran pakai kupon. Sudah dibagikan nanti pada saat buka puasa mereka yang berhak mendapatkan itu (zakat) akan mendapatkan kupon," tutupnya.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: MUI Anjurkan Zakat Fitrah Diprioritaskan untuk Tetangga dan Kerabat

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH